bdadinfo.com

Info BMKG: Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Kupang dan Sebagian Wilayah NTT - News

BMKG

Jakarta, - Gempa terkini menggoyang wilayah Kupang dan sekitarnya di Nusa Tenggara Timur pada malam ini, Minggu 20 November 2022.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kupang Margiono mengatakan, gempa terjadi pada pukul 21.49 Wita.

Lokasi gempa bumi terletak pada 10,57 derajat lintang selatan dan 123,86 derajat bujur timur. Pusat gempa bumi berada pada 51 kilometer arah tenggara, Kota Kupang, dengan kedalaman 49 kilometer.

Baca Juga: Info Gempa M 4,7 Guncang Sukabumi Terasa sampai Bandung, Berikut Penjelasan BMKG

Terpisah, Hasil analisis BMKG menunjukkan pusat gempa berlokasi di laut, pada jarak 51 kilometer arah tenggara Kota Kupang, pada kedalaman 20 kilometer.

Daryono menerangkan, gempa tergolong dangkal dan dipicu aktivitas tumbukan lempeng Australia dan Busur Banda. Tak ada tsunami.

Dampak gempa berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Rote pada skala II - III MMI. Pada skala itu getaran dirasakan nyata dalam rumah, seakan akan truk melintas.  

Baca Juga: Gempa Pegunungan Arfak Dirasakan Hingga Manokwari Papua Barat, Magnitudo 4,8

“Wilayah Pantai Selatan Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, diguncang gempa tektonik,” kata Pelaksana tugas Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangan tertulis yang dibagikannya.

Belum ada informasi lebih lanjut terkait adanya korban jiwa maupun kerugian materil dari musibah gempa tersebut. Meski begitu, beberapa Warga Kupang sempat membagikan momen bahwa mereka merasakan gempa di beberapa platform media sosial seperti Twitter.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat