bdadinfo.com

Yuk Coba! Tips Agar Tidur Nyenyak dan Berkualitas di Malam Hari - News

Yuk Coba! Tips Agar Tidur Nyenyak dan Berkualitas di Malam Hari (Unplash)

 – Tidur nyenyak dan berkualitas adalah impian setiap orang yang tidak bisa mendapatkannya. 

Saat ini banyak kalangan baik dari anak-anak, remaja maupun orang dewasa tidak bisa tidur nyenyak dan mengalami insomnia atau kesulitan tidur.

Adapun penyebab dari insomnia sebagaimana yang dilansir dari sleepfoundation.org penyebab umum dari insomnia itu sendiri dikarenakan stress, jadwal tidur yang tidak teratur, kebiasaan tidur yang buruk, gangguan kesehatan mental, penyakit fisik dan rasa sakit, obat-obatan, masalah neurologis, serta gangguan tidur tertentu.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kucing Sering Tidur Dekat Pemiliknya, Cat Lover Wajib Tahu!

Masalah gangguan tidur ataupun insomnia ini memberikan dampak yang sangat fatal kepada si penderitanya. Insomnia memberikan dampak tergantung kepada siapa yang mendapatkannya, seperti;

1.       Kepada wanita

Pergeseran hormon selama siklus haid dan menopause dapat berperan dalam gangguan tidur.

Selama haid para wanita mendapatkan sakit yang disebabkan oleh menurunnya kadar melatonin (hormon untuk membantu tubuh terlelap) dan menyebabkan kenaikan suhu tubuh. Sedangkan kepada yang mengalami menopause dikarenakan penurunan kadar hormon estradiol yang mana hormon ini yang mengatur siklus haid.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Atasi Insomnia, Jangan Lakukan Hal Ini Sebelum Tidur!

2.       Kepada orang dewasa berumur diatas 60 tahun

Insomnia yang didapatkan oleh orang dewasa berumur 60 tahun keatas bisa menyebabkan kematian diikuti dengan penyakit yang mendasari seperti stroke, diabetes maupun sakit paru dan jantung.

3.       Kepada orang yang mengidap penyakit mental

Orang yang mengidap penyakit mental bisa terjangkit insomnia juga, itu dikarenakan gangguan mood yang diderita dan juga serangan panik yang tiba-tiba menyerang.

4.       Kepada orang yang mengalami stress

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat