bdadinfo.com

Jelang Pemilu 2024, Caleg Muda Sumbar Cindy Monica Ingatkan Pemuda Cerdas dan Aktif Berpolitik - News

Cindy Monica

- Peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa, jelang Pemilu 2024 harus cerdas dan aktif berpolitik. Melalui ide, kreatifitas yang dapat mendorong kemajuan bangsa.

Caleg muda Sumbar Cindy Monica Salsabila, mengatakan, pemuda memiliki posisi vital dalam proses demokrasi.

Menurut Caleg Dapil Sumbar II itu, Pemuda adalah agen perubahan (agen of change) dan agen control (agen of control) yang mengawasi pemerintahan dan mencegah terjadinya penyimpangan.

"Jadi, para pemuda memiliki posisi strategis untuk berperan aktif dalam proses demokrasi," jelas Caleg Muda Partai NasDem itu.

Perempuan asal Pariaman itu menerangkan, para pemuda dalam pesta politik 2024, harus meningkatkan kesadaran politiknya. Melalui pemahaman dari buku, jurnal ilmiah, berita-berita politik atau mengikuti kegiatan politik.

Dari kesadaran itu, pengetahuan dan keterampilan politik akan terasah, sehingga bisa berperan secara optimal dalam proses demokrasi.

"Kalau perlu, para pemuda bisa terlibat langsung dalam kegiatan politik. Jadi, bisa merasakan langsung dinamika dan mengimplementasikan keterampilan politik yang mereka miliki," jelas Bendahara DPW Partai NasDem Sumbar itu.

Cindy menyebut, secara sosial, para pemuda juga bertanggung jawab untuk pemberdayaan masyarakat.

Pemuda dapat berperan dalam pemberdayaan masyarakat, melalui pendidikan politik dan demokrasi pada masyarakat. Bahkan pemuda bisa membantu masyarakat untuk aktif terlibat dalam proses pembangunan

Sedangkan di dunia maya, Caleg dari Generasi Z ini, menghimbau pemuda untuk berperan aktif dalam politik cerdas dan menangkal hoax yang merajalela di media sosial.

"Jadi, para pemuda dapat berperan secara optimal menghadapi tahun politik, jika memiliki kesadaran politik yang tinggi dan terlibat aktif dalam kegiatan politik," tutur Sekretaris Gekrafs Sumbar itu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat