bdadinfo.com

Harus Benar Berapa agar Lulus SKD CPNS 2023? Berikut Bocoran beserta Passing Gradenya! - News

Bocoran beserta Passing Grade CPNS dan PPPK 2023

- Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 sudah dimulai sejak 20 September 2023.

Setelah melamar dan berhasil memilih formasi hingga mencetak kartu, para pelamar tentunya akan berada pada masa tunggu pengumuman hasil seleksi administrasi yang akan dilaksanakan pada 13 sampai 16 Oktober 2023.

Selama masa tunggu ini ada baiknya pelamar mempersiapkan diri untuk menghadapi tahap selanjutnya, yakni tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Baca Juga: Daftar Kota Mati di Indonesia yang Ditinggalkan Penduduknya, Nomor. 2 Paling Angker Milik Anaknya Soeharto

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) merupakan tahap awal penseleksian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau tepatnya setelah pelamar lolos seleksi administrasi.

Tes SKD CPNS dan PPPK 2023 terdiri atas tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

dikutip dari jdih.menpan.go.id, jumlah soal Tes SKD sebanyak 100 butir dengan rincian TWK sebanyak 30 butir soal, TIU sebanyak 35 butir soal dan TKP sebanyak 45 butir soal.

Pembobotan nilai TWK dan TIU akan dihitung atau bernilai 5 untuk setiap jawaban benar, sementara nilai 0 untuk setiap jawaban yang salah.

Baca Juga: Relawan Laporkan Media dan Akun YouTube Penyebar Hoax Prabowo Tampar dan Cekik Wamen Pertanian

Berbeda dengan pembobotan TKP, jawaban benar bernilai paling rendah 1 dan paling tinggi 5, sementara tidak menjawab maka bernilai 0.

Dengan demikian skor maksimal tes SKD yang bisa didapat oleh para pelamar CPNS dan PPPK 2023 adalah 550.

Skor 550 tersebut, terdiri atas nilai tertinggi per tes, yakni TWK bernilai maksimal 150, TIU bernilai maksimal 175 dan TKP bernilai maksimal 225.

Dengan demikian, nilai ambang batas atau passing grade yang harus di dapat oleh para pelamar CPNS dan PPPK 2023 untuk dapat lolos seleksi SKD, ialah sebagai berikut:

Baca Juga: Wow! Ada Pohon Beringin Kembar Raksasa Simbol Keagungan di Mega Proyek Istana Presiden IKN

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat