bdadinfo.com

Kepri Terbelah Dua Bagian! Sudah Dapat Restu dari Gubernur Keluar dari Kepulauan Riau, Kabupaten Seluas 264.198 km² Siap Jadi Provinsi Baru - News

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad mendukung penuh pembentukan kabupaten seluas 264.198 km2 itu untuk menjadi provinsi baru. Jika terlaksana, tentunya Provinsi Kepulauan Riau akan pecah menjadi dua bagian.

- Polemik berdirinya provinsi baru terus bergulir di Kepulauan Riau di Kepulauan Riau adalah sebuah wilayah provinsi yang terletak di Indonesia. Provinsi ini beribu kota di Kota Tanjungpinang.

Kepulauan Riau berbatasan langsung dengan Vietnam, Kamboja, dan Laut Tiongkok Selatan di sebelah utara Laut Natuna Utara; provinsi Kalimantan Barat dan Sarawak (Malaysia) di sebelah timur.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Jambi di selatan; negara Singapura, tiga negara bagian Malaysia Barat (Terengganu, Pahang, dan Johor) dan provinsi Riau di sebelah barat.

Baca Juga: Babak Baru Pembangunan Flyover Sitinjau Lauik, Kementerian PUPR Ungkap Proses Tender KPBU Target Selesai Tahun 2024: Semester Berapa?

Kepulauan Riau ini termasuk provinsi berbentuk kepulauan di Indonesia. Tahun 2020, penduduk Kepulauan Riau berjumlah 2.064.564 jiwa. 

Dengan kepadatan 252 jiwa/km2, dan 58% penduduknya berada di Kota Batam. Dan pada akhir tahun 2023, penduduk Kepulauan Riau sebanyak 2.178.610 jiwa.

Secara keseluruhan wilayah Kepulauan Riau terdiri dari 5 kabupaten, dan 2 kota, 52 kecamatan serta 299 kelurahan/desa dengan jumlah 2.408 pulau besar, dan kecil yang 30% belum bernama, dan berpenduduk.

Adapun luas wilayahnya sebesar 8.201,72 km², sekitar 96% merupakan lautan, dan hanya sekitar 4% daratan.

Baca Juga: Gempa dengan Kekuatan M5,7 Mengguncang Sumatera Barat, Bikin Kaca Rumah Bergetar Sehingga Warga Berhamburan Lari Keluar Rumah

Kepulauan Riau merupakan provinsi baru hasil pemekaran dari Provinsi Riau. Provinsi Kepulauan Riau terbentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 25 tahun 2002 merupakan provinsi ke-32 di Indonesia.

Yang mencakup Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Lingga.

Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan Laut Tiongkok Selatan di sebelah utara. Di sebelah timur, Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Barat dan Malaysia.

Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Selatan di sebelah selatan.

Sedangkan di sebelah barat, Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan Provinsi Riau, Malaysia dan Singapura.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat