bdadinfo.com

Konstruksi Tol di Jawa Tengah Terus Bergulir, Kehadirannya Mampu Jadi Ruas Pelengkap Jalan Nasional Pantura Jawa yang Hubungkan 4 Kota Besar Ini  - News

Konstruksi Tol di Jawa Tengah Terus Bergulir, Jadi Ruas Pelengkap Jalan Nasional Pantura Jawa yang Hubungkan 4 Kota Besar Ini  (dinkominfo.demakkab.go.id)

Konstruksi sejumlah jalan tol di berbagai daerah, salah satunya yang ada di Jawa Tengah terus diupayakan agar cepat selesai.

Hal ini dalam rangka meningkatkan konektivitas antardaerah juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Jalan tol Semarang – Demak adalah salah satunya, progresnya terus bergulir dan diperuntukkan sebagai ruas pelengkap dari Jalan Nasional Pantura Jawa.

Baca Juga: Harta Karun Riau! Blok Rokan Dumai Disebut Blok Migas Paling Produktif dalam Sejarah Perminyakan Indonesia: Sanggup Hasilkan Berapa Barel per Hari? 

Jalan nasional tersebut berfungsi sebagai penghubung dari 4 (empat) kota besar yang tersebar di Jawa Tengah hingga ke Jawa Timur.

Diketahui, pembangunan jalan tol sepanjang 26,84 km ini adalah kerjasama dari Kementerian PUPR dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Jalan tol Semarang – Demak juga merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Baca Juga: Membanggakan! Jadi Ladang Minyak yang Besar di Indonesia, Riau Sokong hingga 25 Persen dari Seluruh Produksi Minyak di Indonesia 

Menurut Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan, sekaligus juga sebagai Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja menjelaskan bahwa PSN jalan tol Semarang – Demak tersebut direncanakan sebagai ruas komplementer dari Jalan Nasional Pantura Jawa.

Jalan nasional tersebut menghubungkan wilayah seperti Semarang, Demak, Gresik, dan Surabaya.

Sebagai informasi, jalan tol yang dibangun dengan skema kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) ini nantinya akan menghubungkan Kota Semarang dengan Kabupaten Demak.

Baca Juga: Tol Cimanggis – Cibitung Seksi 2B Rampung! Nyambung ke Tol Jakarta – Cikampek Jadi Solusi Kemacetan di Ruas Tol Cikampek Menuju Jakarta dan Bogor

Pembangunannya terbagi menjadi 2 seksi, yaitu seksi 1 sepanjang 10,39 km dan seksi 2 sepanjang 16,31 km.

Dikutip dari dinkominfo.demakkab.go.id, Seksi 1 ruas Semarang - Sayung sepanjang 10,39 km merupakan porsi pemerintah dengan anggaran sebesar Rp10 triliun yang berasal dari APBN. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat