bdadinfo.com

Mochtar Pabottingi Tutup Usia, Pengamat Politik Sekaligus Sastrawan Unggulan - News

Mochtar Pabottingi Tutup Usia, Pengamat Politik Sekaligus Sastrawan Unggulan (SMRC TV - Youtube)

- Pada Minggu, 4 Juni 2023 pukul 00.30 WIB, pengamat politik sekaligus penulis, Mochtar Pabottingi telah meninggal dunia.

Mochtar Pabottingi yang lahir di Bulukumba, Sulawesi Selatan pada tanggal 17 Juli 1945 itu telah berpulang pada usia 77 tahun.

Eks pimpinan KPK dan akademisi Universitas Hasanuddin, Laode M Syarif juga menyampaikan ucapan bela sungkawanya terhadap Mochtar Pabottingi.

Baca Juga: 6 Daftar Drama Korea dengan Tema Perselingkuhan Terbaru 2023, Ada Doctor Cha Dibintangi Uhm Jung Hwa

"Telah berpulang, pemikir-penulis-peneliti-ilmuwan yang konsisten dan berintegritas: "Prof (Emeritus) Mochtar Pabottingi". Sungguh dia teladan baik buat negeri tercinta. Insya Allah... Illahi Rabbi menyambutmu dalam surganya. Alfatihah," tulis akun Twitter @LaodeMSyarif.

Jenazah Mochtar telah disemayamkan di rumah duka Jalan Plafon 1/12. RT.09, RW.03. Kayu Putih, Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Sebelum wafat, Mochtar sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit EMC Pulomas, Jakarta Timur.

Baca Juga: Pabrik Sawit di Pesisir Selatan Beralih Massal ke Listrik PLN, Ada Apa Ini?

Semasa hidupnya, Mochtar Pabottingi dikenal sebagai peneliti di Puslitbang Politik dan Kewilayahan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPW-LIPI) Sejak tahun 1989, dimana ia sempat menjabat sebagai Kepala Pusat pada periode 1994-2001.

Namun siapa sangka, Mochtar Pabottingi ternyata juga merupakan sastrawan yang sudah menulis beragam karya puisi, esai, bahkan cerpen semenjak menjadi mahasiswa di Universitas Hasanuddin.

Karena kepiawaiannya dalam karya sastra, Mochtar pun pernah mendapatkan penghargaan di bidang penulis dari Gubernur Sulawesi Selatan saat itu, AA Rivai. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat