bdadinfo.com

Daftar 53 Negara Anggota UNESCAP yang Setujui Deklarasi Jakarta untuk Disabilitas - News

UNESCAP dan 9 negara asosiasi yang menyetujui lahirnya Deklarasi Jakarta untuk penyandang disabilitas. (Istimewa)

– Pertemuan tingkat tinggi antar pemerintah tentang disabilitas se Asia Pasifik yang diikuti sejumlah negara anggota UNESCAP baru saja dilaksanakan secara hybrid pada 19 Oktober sampai 21 Oktober 2022 lalu.

Hasil dalam pertemuan itu, sebanyak 53 negara anggota UNESCAP, berikut sembilan negara asosiasi, negara observer, badan PBB, dan organsisasi masyarakat sipil menyetujui Deklarasi Jakarta.

Adapun tujuannya untuk pemenuhan hak penyandang disabilitas. Kegiatan tersebut hadir atas kerja sama UNESCAP dengan Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Baca Juga: Waspada Cuaca Ekstrem di Sumbar, Jakarta dan Jabar, Berikut Detailnya Hari Ini

United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP), merupakan perhimpunan negara Asia Pasifik yang berperan dalam memberikan solusi-solusi terhadap tantangan ekonomi dan pembangunan di kawasan tersebut dengan bantuan tenkis dan capacity building kepada negara anggotanya dalam beberapa area.

Bantuan itu meliputi, kebijakan makroekonomi dan pembangunan, perdagangan dan investasi, transportasi, pembangunan sosial, lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan.

Lalu informasi dan komunikasi teknologi serta manajemen resiko bencana, statistik, serta kegiatan sub-regional untuk pembangunan. 

Baca Juga: Menguak Sosok Arsjad Rasjid, Cawapres Berdarah Militer yang Disandingkan dengan Prabowo

Sejak didirikan pada tahun 1947 dan berkedudukan di Bangkok Thailand, keanggotaan komisi ekonomi dan sosial ini telah berkembang menjadi 53 anggota dan 9 anggota asosiasi, seperti yang hadir pada kegiatan HLIGM APDP.

Lalu siapa sajakah ke 53 negara dan 9 anggota asosiasi UNESCAP?

Dilansir dari laman resmi www.unescap.org, berikut daftar 53 negara anggota dan 9 anggota asosiasi UNESCAP.

Komisi Ekonomi dan Sosial untuk Asia dan Pasifik Negara anggota:

Afganistan, Armenia, Australia, Azerbaijan, Bangladesh, Bhutan, Brunei Darussalam, Kamboja, Cina (Tiongkok), Fiji, Perancis, Georgia, India, Indonesia, Iran (Republik Islam), Jepang, Kazakhstan, Kiribati, Korea (Demokratik Rakyat Republik), Korea (Republik), Kirgizstan, Rakyat Laos Republik Demokratik.

Baca Juga: Bikin Melongok, Segini Biaya Jajan Online Amanda Manopo, Kaum Mendang Mending Auto Lemes

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat