bdadinfo.com

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 22 23 Kelas 8 Kurikulum Merdeka Struktur Teks Laporan Hasil Observasi - News

Kegiatan 4 Bahasa Indonesia kelas 8 halaman 22 23 Kurikulum Merdeka

- Kunci jawaban berikut dikutip dari Bahasa Indonesia SMP kelas VIII edisi 2021 karya Maya Lestasi Gusfitri dan Elly Delfia Kurikulum Merdeka.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 Bab 1 Kegiatan 4 halaman 22 23 ini memuat materi tentang struktur teks laporan observasi.

Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 8 Kurikulum Merdeka ini pun menjadi bahan evaluasi untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban Halaman 95 96 Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah

Kegiatan 4 Menemukan Struktur dalam Teks Laporan Hasil Observasi

Cermatilah teks laporan hasil observasi “Sepeda Motor di Indonesia” dan laporan hasil observasi “Bendi di Kota Padang”. Selanjutnya, temukanlah struktur atau bagian-bagian teks berikut di dalamnya.

Tabel 1.4 Struktur Teks “Sepeda Motor di Indonesia”

No. Struktur Teks Kalimat dalam Teks
1. Pembuka (definisi umum) Sepeda motor adalah alat transportasi roda dua yang digerakkan oleh mesin.
2. Isi (deskripsi bagian) Dengan bahan bakar seharga Rp7.800,00 per liter, pengendara sepeda motor bisa menempuh jarak sejauh 47 kilometer.
3. Penutup (simpulan) Demikianlah laporan mengenai sepeda motor dan manfaatnya sebagai salah satu alat transportasi publik yang keberadaannya tidak bisa diabaikan di Indonesia.

Baca Juga: Kunci Jawaban LKS Bahasa Indonesia Kelas 10 Latihan Akhir Semester Kurikulum Merdeka Teks Negosiasi Halaman 57

Tabel 1.5 Struktur Teks “Bendi di Kota Padang”

No. Struktur Teks Kalimat dalam Teks
1. Pembuka (definisi umum) Bendi adalah salah satu alat transportasi tradisional yang ditarik oleh kuda yang masih digunakan di Kota Padang.
2. Isi (deskripsi bagian) Berdasarkan observasi, saat ini bendi bermanfaat sebagai alat transportasi jarak dekat di Kota Padang, yaitu rute pendek seperti Pasar Raya—Jati, Pasar Raya—Purus, Pasar Raya—Rimbo Kaluang, dan daerah lain dalam Kota Padang.
3. Penutup (simpulan) Oleh karena itu, bendi masih tetap eksis sampai sekarang.

Baca Juga: Kunci Jawaban SKM Bahasa Indonesia Kelas 11 Grasindo Makna Kalimat, Intisari, Puisi dan Pantun

Itulah kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 Bab 1 Kegiatan 4 halaman 22 23 Kurikulum Merdeka tentang struktur teks laporan observasi. Semoga bermanfaat.

*) Kunci jawaban hanyalah sebagai referensi belajar, siswa dan orang tua dapat mengeksplorasi jawaban yang lebih baik dari sumber yang tepercaya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat