bdadinfo.com

Fungsi Antena Pada Semut, Salah Satunya untuk Bersosialisasi! - News

Fungsi Antena Pada Semut, Salah Satunya untuk Bersosialisasi!

- Semut merupakan hewan jenis serangga yang memiliki sepasang antena di atas kepalanya.

Jika kita amati secara seksama nampak dua antena tersebut selalu bergerak-gerak atau terlihat saling bersentuhan apabila bertemu dengan semut lainnya.

Namun tahukah kamu apa fungsi antena pada semut?, yang mana bagian tubuh tersebut ternyata memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan semut.

Baca Juga: Wow! Harga Jepitan Rambut Anak Pejabat Bea Cukai Andhi Pramono Setara UMK Jogja

Nah berikut fungsi antena pada semut dilansir dari Suhara (2009).

1. Mendeteksi rangsangan kimiawi
Yakni mendeteksi feromon atau zat kimia yang dikeluarkan oleh semut lain yang dapat digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi.

2. Alat peraba
Sebagian besar semut diketahui memiliki pengelihatan yang kurang baik bahkan banyak dari golongan semut yang buta. Sehingga dengan demikian fungsi antena ini dapat membantu semut dalam mendeteksi sesuatu yang ada didepannya misalnya makanan, pasangan, sarang, musuh atau segala hal yang dirasa membahayakannya.

Baca Juga: Gak Bisa Ngelak! Rafael Alun Trisambodo Terbukti Gak Laporkan Seluruh Harta Kekayaannya, Ini Info Lengkapnya

3. Alat bersosialisasi
Dari penjelasan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa fungsi antena bagi semut ialah sebagai sarana untuk bersosialisasi bagi mereka.

Itulah fungsi antena pada semut, sekarang sudah tahukan mengapa ketika sesama semut saling berpas-pasan mereka kerap berhenti sejenak dan saling menempelkan antena mereka. Ya, ternyata itu merupakan cara mereka untuk berkomunikasi dan bersosialiasi satu sama lain.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat