bdadinfo.com

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 115 Kelas 11 Kurikulum Merdeka Gagasan dan Pandangan Teks Berita - News

Soal Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 115 Kurikulum Merdeka

- Kunci jawaban berikut dikutip dari Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Cakap Berbahasa dan Bersastra Indonesia SMA Kelas XI karya Rahmah Pirwahida dan Maman edisi 2021 Kurikulum Merdeka.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 115 ini memuat materi tentang mengidentifikasi gagasan dan pandangan teks berita berjudul "Bumi Kardus Menjaga Bumi dengan Kreasi Daur Ulang Sampah Kardus".

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 Kurikulum Merdeka ini pun menjadi bahan evaluasi untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 213 Kurikulum 2013 Tugas Tokoh dalam Teks Biografi

Identifikasilah kalimat-kalimat yang menunjukkan gagasan dan pandangan teks berita tersebut!

Gunakan tabel berikut untuk memudahkan pekerjaan. (Nomor 1 sudah diisi. Lanjutkan ke nomor-nomor berikutnya.)

Tabel 4.3 Mengidentifikasi gagasan dan pandangan teks berita berjudul “Bumi Kardus Menjaga Bumi dengan Kreasi Daur Ulang Sampah Kardus

No. Gagasan Uraian
1. Daur ulang sampah bisa menjadi apa saja, termasuk kreasi mainan yang dibuat oleh Bumi Kardus. Kalimat ini menunjukkan gagasan dari penulis, yaitu mendaur ulang sampah kardus dengan cara mengkreasinya menjadi mainan anak-anak.
2. Selain membuat karya dari kardus, Sanjaya Arifin, CEO Bumi Kardus, mengatakan bahwa mereka juga memberikan edukasi kepada masyarakat melalui workshop mengenai pemanfaatan limbah kardus. Kalimat ini menunjukkan gagasan dari seorang tokoh dalam teks berita, yaitu workshop edukatif tentang pemanfaatan limbah kardus.
3. “Kurikulumnya pun disesuaikan dengan usia sehingga workshop pemanfaatan media kardus ini tidak hanya untuk anak-anak, tetapi bisa untuk orang tua, atau tim building bagi karyawan perusahaan,” kata Arifin. Kalimat ini menunjukkan gagasan dari tokoh, yaitu workshop edukatif diperuntukkan kepada semua kalangan.
4. Arifin sendiri menyampaikan alasannya mengapa mendirikan Bumi Kardus karena keinginannya membangun kesadaran masyarakat mengenai daur ulang kardus yang berasal dari limbah kertas. Kalimat ini menunjukkan gagasan dari tokoh, yaitu alasan mendirikan Bumi Kardus.
5. “Dengan penggunaan kardus sebagai bahan baku utama, secara tidak langsung Bumi Kardus ikut mengkampanyekan zero wastelife style limbah kertas kepada masyarakat,” kata Arifin saat dihubungi Kalimat ini menunjukkan gagasa dari tokoh, yaitu peran serta Bumi Kardus dalam program zero wastelife style.
6. “Selain itu, penggunaan media kardus memiliki tantangan yang menarik karena sejauh ini penilaian masyarakat umum, kardus hanya bisa digunakan untuk packaging saja. Hal ini mendorong tim Bumi Kardus untuk terus berinovasi mewujudkan imajinasi dengan media kardus,” imbuhnya. Kalimat ini menunjukkan gagasan dari tokoh, yaitu cikal bakal inovasi dari Bumi Kardus.
7. Melalui beberapa karyanya, Bumi Kardus sudah menciptakan banyak kreasi dari daur ulang sampah kardus. Kalimat ini menunjukkan gagasan dari penulis, yaitu hasil karya dari daur ulang sampah kardus.
8. “Hingga saat ini, Bumi Kardus telah dipercaya oleh brand-brand besar untuk mensukseskan konsep booth dan pameran perusahaannya. Selain itu, Bumi Kardus juga mendapat kepercayaan dari event organizer untuk instalasi dekorasi event skala nasional dan internasional,” kata Arifin.

Kalimat ini menunjukkan gagasan dari tokoh, yaitu kepercayaan yang diperoleh Bumi Kardus atas inovasinya.

 

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Halaman 151 Kurikulum 2013 Informasi Cerita Inspiratif

Itulah kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 115 tentang mengidentifikasi gagasan dan pandangan teks berita berjudul "Bumi Kardus Menjaga Bumi dengan Kreasi Daur Ulang Sampah Kardus". Semoga bermanfaat.

Sebagai informasi, kunci jawaban ini hanyalah referensi belajar, siswa dan orang tua dapat mengeksplorasi jawaban lebih baik dari sumber tepercaya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat