bdadinfo.com

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Bab 5 Kurikulum 2013 Uji Kompetensi 5 Halaman 125 - News

Uji Kompetensi 5 Bab 5 halaman 125 Kurikulum 2013

- Kunci jawaban PKN kelas 8 berikut dikutip dari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas VIII edisi revisi 2017 karya Lukman Surya Saputra, dkk Kurikulum 2013.

Kunci jawaban PKN kelas 8 Bab 5 Uji Kompetensi 5 halaman 125 ini memuat materi tentang makna dan nilai semangat Sumpah Pemuda dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Kunci jawaban PKN kelas 8 Kurikulum 2013 ini pun menjadi bahan evaluasi untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 9 SMP/MTs Halaman 120: Uji Kompetensi Bab 4 Masyarakat dalam Bhinneka Tunggal Ika

Uji Kompetensi 5

Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 bukan hanya menggerakkan para pemuda untuk meraih kemerdekaan, namun juga mempertegas jati diri bangsa Indonesia sebagai sebuah negara. Sumpah Pemuda telah menjadi jiwa dan semangat yang terus terpatri dalam hati sanubari para pemuda. Suatu semangat yang dibangun atas dasar kesamaan nasib dan cita-cita, yang kemudian dibungkus dengan komitmen untuk senasib sepenanggungan sebagai satu bangsa, satu tanah air yang pertama-tama ditandai dengan disepakatinya bahasa universal antarbangsa, bahasa Indonesia.

Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, para Pemuda telah mampu memanfaatkan fase gejolak kepemudaan untuk diarahkan menjadi daya dorong dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sejarah mencatat organisasi pergerakan nasional pertama, yaitu Boedi Oetomo didirikan oleh mahasiswa Stovia di Batavia, mahasiswa tentunya termasuk dalam golongan Pemuda. Gelora untuk berjuang juga diwujudkan dalam bentuk organisasi pemuda lainnya seperti Jong Java, Jong Celebes, Jong Sumateranen Bond, dan lain-lain.

Baca Juga: Kunci Jawaban PKn Kelas 12 SMA/SMK Halaman 120: Uji Kompetensi 4

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar!

1. Bagaimana perasaanmu ketika sejarah mencatat begitu banyak peran pemuda dalam memerdekakan dan membangun bangsa?

Kunci jawaban:

Saya sebagai rakyat Indonesia, sangat bangga akan sejarah yang mencatat begitu banyak peran pemuda dalam memerdekakan dan membangun bangsa. Tidak hanya para tokoh yang dicatat di buku sejarah selama yang saya tahu, saya yakin banyak pahlawan Indonesia yang gugur demi memperjuangkan kemerdekaan tetapi tidak tercatat di buku sejarah tersebut tetapi nilai semangat perjuangannya patut diteladani oleh pemuda zaman sekarang.

2. Jika diperhatikan dalam wacana di atas, berikanlah karakteristik pemuda yang dapat disebut tulang punggung bangsa!

Kunci jawaban:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat