bdadinfo.com

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Uji Kompetensi Bab 5 Kurikulum Merdeka Halaman 118 - News

Uji Kompetensi Bab 5 PKN kelas 8 halaman 118

- Kunci jawaban PKN kelas 8 berikut dikutip dari Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan SMP Kelas VIII karya Muhammad Sapei, dkk. edisi 2021 Kurikulum Merdeka.

Kunci jawaban PKN kelas 8 Uji Kompetensi Bab 5 halaman 118 ini memuat materi tentang jati diri bangsa dan budaya nasional di era globalisasi.

Kunci jawaban PKN kelas 8 Kurikulum Merdeka ini pun menjadi bahan evaluasi untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban Uji Kompetensi PKN Kelas 11 SMA/MA Halaman 172

Uji Kompetensi

Cermatilah peristiwa-peristiwa di bawah ini. Lalu, tuliskan pendapatmu untuk menjawab persoalan yang diajukan.

1. Pada sebuah sekolah, terdapat beberapa kegiatan ekstrakurikuler. Secara umum ada seni tari dan seni bela diri. Tari Tango asal Argentina ternyata lebih menarik para siswi untuk mendaftar, sementara pendaftar Tari Saman asal Aceh relatif sepi pendaftar. Sementara, pada seni bela diri, ekstrakurikuler karate lebih digemari daripada pencak silat merpati putih.

Bagaimana pendapat kalian terhadap fenomena di atas? Apa solusi yang kalian tawarkan agar budaya nasional lebih banyak diminati oleh siswa dan siswi di sekolah tersebut?

Kunci jawaban:

Menurut saya, para siswa tidak atau kurang dibekali tentang pentingnya budaya nasional. Karena itu, mereka lebih memilih budaya asing yang tampak lebih menjanjikan di masa depan atau menarik bagi mereka. Padahal, tari saman dan pencak silang merupakan aset budaya bangsa yang perlu dilestarikan, yaitu salah satunya melalui para pemuda Indonesia. Solusinya, pihak sekolah, pemerintah, dan orang tua haris mendiskusikan bagaimana cara mengenalkan budaya nasional kita kepada anak muda agar lebih mencintai dan melestarikannya.

Baca Juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 9 SMP/MTs Halaman 120: Uji Kompetensi Bab 4 Masyarakat dalam Bhinneka Tunggal Ika

2. Ada seorang pelajar yang lolos program pertukaran budaya ke Korea Selatan. Pelajar ini memang sangat menggemari budaya Korea Selatan. Namun, pada sisi lain, ia kurang mengenali budaya nasional, bahkan budaya lokal asal daerahnya. Menurut kalian, bagaimana sebaiknya sikap pelajar ini? Apakah pelajar ini sebaiknya membatalkan program pertukaran budaya tersebut dan mengenali terlebih dahulu budaya nasional atau seperti apa?

Kunci jawaban:

Ia boleh mengikuti program pertukaran budaya ke Korea asalkan sudah mempelajari budaya nasional sehingga di sana ia pun dapat mengenalkannya kepada warga Korea agar budaya nasional menjadi populer dan disenangi semua orang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat