bdadinfo.com

Literasi Digital Kebhinekaan Negara, Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 135 136 Kurikulum Merdeka - News

PKN kelas 8 halaman 135 136 Kurikulum Merdeka

- Kunci jawaban PKN kelas 8 berikut dikutip dari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP Kelas VIII karya Muhammad Sapei, dkk. edisi 2021 Kurikulum Merdeka.

Kunci jawaban PKN kelas 8 halaman 135 136 Uji Kompetensi ini memuat materi tentang literasi digital dalam kebhinekaan bangsa.

Kunci jawaban PKN kelas 8 halaman 135 136 Kurikulum Merdeka ini untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Contoh Soal PPKn Kelas 10 SMA/MA/SMK Beserta Kunci Jawaban dalam Penilaian Akhir Semester 1

Uji Kompetensi

Cermatilah peristiwa-peristiwa di bawah ini. Lalu, tuliskan pendapatmu untuk menjawab persoalan yang diajukan.

1. Ita memperoleh sebuah informasi dan membagikannya ke whatsapp group. Nina merasa informasi yang dibagikan Ita meragukan. Kemudian, Nina melakukan telusur informasi untuk mengkroscek kebenaran informasi tersebut. Nina menyimpulkan bahwa informasi yang dibagikan Ita tidak valid. Namun, Ita bersikeras bahwa informasi yang dibagikannya valid. Ita menunjukkan sumber internet informasi tersebut.

Bagaimana pendapat kalian tentang perbedaan pendapat antara Ita dan Nina dalam menilai validitas informasi? Apa solusi yang bisa kalian tawarkan, terutama untuk menentukan secara objektif validitas informasi yang dibagikan Ita?

Kunci jawaban:

Menurut saya, wajar jika ada perbedaan pendapat dalam menilai validasi informasi. Namun, hal yang perlu diingat adalah informasi yang dibagikan harus akurat dan berasal dari sumber resmi dan tepercaya. Informasi yang salah dan dibagikan secara masif, dapat berakibat fatal pada subjek yang bersinggungan dengan informasi tersebut. Misalnya, terpapar fitnah, salah tangkap, bahkan depresi dan kematian bagi subjek tersebut. Solusinya, Ita dan Nina sama-sama berhati-hati dalam berpendapat tentang informasi yang berkaitan. Kalaupun mereka tidak sepakat, informasi tersebut hanya dapat dijadikan sebagai pembelajaran yang sifatnya pelengkap/sampingan bukan utama.

Baca Juga: Kunci Jawaban PPKn Kelas 11 SMA/SMK Halaman 167-169: Jurnal Harian Tentang Sengketa Batas Wilayah Blok Ambalat

2. Edo mengajukan sebuah pertanyaan dalam whatsapp group yang diikutinya. Namun, hanya ada dua orang yang menanggapi. Dan itu pun jawabannya kurang tepat menurut Edo. Sementara anggota yang lain tidak ada yang berkomentar.

Menurut analisis kalian, mengapa pertanyaan dari Edo tidak ada yang menanggapi? Bagaimana sebaiknya sikap Edo terhadap dua komentar yang ada?

Kunci jawaban:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat