bdadinfo.com

Bekerja Sama dan Bergotong Royong, Kunci Jawaban PPKn Kelas 7 Kurikulum Merdeka Halaman 129 Uji Kompetensi - News

PPKn kelas 7 halaman 129 Kurikulum Merdeka

- Kunci jawaban PPKn kelas 7 berikut dikutip dari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP Kelas VII karya Zaim Uchrowi dan Ruslinawati edisi 2021 Kurikulum Merdeka.

Kunci jawaban PPKn kelas 7 halaman 129 Uji Kompetensi Bab 6 ini memuat materi tentang bekerja sama dan bergotong royong.

Kunci jawaban PPKn kelas 7 halaman 129 Kurikulum Merdeka ini untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Literasi Digital Kebhinekaan Negara, Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 135 136 Kurikulum Merdeka

Uji Kompetensi

1. Keluarga Andi termasuk keluarga mampu. Ayah dan ibunya bekerja. Ia hanya punya satu saudara, yaitu Lala adiknya. Andi dan Lala punya kamar sendiri di rumah mereka yang cukup besar. Ada asisten rumah tangga yang selalu membantu mereka, mulai dari merapikan tempat tidur, menyapu dan mengepel lantai, menyiapkan pakaian, menyiapkan makan, menata taman, dan banyak lainnya. Lalu asisten rumah tangga itu pamit pulang selama sebulan karena keluarganya sakit. Apa yang perlu dilakukan keluarga Andi?

Kunci jawaban:

Keluarga Andi dapat memulainya dengan bekerja sama menggantikan tugas-tugas asisten rumah tangga yang pamit pulang. Mereka dapat berdiskusi terlebih dahulu dan membagi tugas-tugas itu kepada semua anggota keluarga sesuai kemampuan masing-masing dan dilihat dari hak dan kewajibannya dalam keluarga.

Misalnya, Andi dan Lala berugas merapikan tempat tidur masing-masing, menyiapkan pakaian mereka masing termasuk seragam sekolah, serta menyapu atau mengepel lantai secara bergantian yang dijadwalkan dalam daftar piket keluarga. Ayah dapat bertugas untuk menyiapkan pakaiannya sendiri termasuk seragam kantornya serta menata taman ketika masa libur. Sementara, ibu dapat bertugas merapikan tempat tidur di kamarnya bersama ayah, menyiapkan pakaian termasuk seragam kantor, serta menyiapkan makanan untuk mereka semua.

Baca Juga: Bentuk Semangat dan Komitmen Pendiri Negara, Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 135 136 Kurikulum 2013

2. Liburan sudah mendekat. Sekolah berencana untuk melakukan wisata bersama keluar kota. Seluruh siswa diharapkan dapat mengikuti tamasya tersebut agar terbangun kebersamaan bagi semua. Setiap siswa yang ingin ikut diminta membayar biaya wisata sesuai kebutuhan. Semuanya setuju. Tetapi beberapa orang siswa memilih tidak ikut karena tak mampu membayar biaya itu. Apa yang perlu dilakukan untuk kebaikan bersama?

Kunci jawaban:

Setiap kelas dapat menugaskan ketua kelas mereka untuk berdiskusi mengenai teman-teman mereka yang memilih tidak ikut karena tak mampu membayar biaya wisata keluar kota tersebut. Ketua kelas dapat mengumpulkan berbagai gagasan dari setiap siswa di kelas kemudian memutuskan hasil yang terbaik. Setelah itu, mereka menjalankan gagasan tersebut.

Misalnya, keputusannya bahwa setiap siswa yang mampu melebihkan biaya wisata sebesar 15 persen untuk membantuk meringankan teman-teman yang tidak mampu itu, yang kekurangannya dapat dicicil oleh teman-teman mereka yang tidak mampu itu. Atau, siswa yang tidak mampu itu dijumlahkan dan dihitung berapa biaya wisata mereka yang harus dibayarkan kemudian dibagi dan dibebankan kepada siswa yang mampu sehingga semua siswa dapat ikut wisata dan bersenang-senang dalam rasa kekeluargaan. Tentu saja, keputusan itu harus disetujui oleh semua pihak baik siswa yang mampu, orangtua siswa, dan siswa yang tidak mampu serta para guru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat