bdadinfo.com

Latar Belakang Sosial Budaya Serealia, Kacang dan Umbi, Kunci Jawaban Prakarya Kelas 8 Semester 2 Halaman 137 - News

Prakarya kelas 8 halaman 137 Semester 2 Kurikulum 2013

Kunci jawaban kelas 8 berikut dikutip dari Prakarya Kelas VIII SMP/MTs Semester 2 karya Suci Paresti, dkk. edisi revisi 2017 Kurikulum 2013.

Kunci jawaban Prakarya kelas 8 LK 2 halaman 137 ini memuat materi tentang mengidentifikasi jenis hasil samping dari serealia, kacang-kacangan, dan umbi di daerahmu, termasuk latar belakang sosial budaya.

Kunci jawaban Prakarya kelas 8 halaman 137 Semester 2 ini untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban LK-4 Prakarya Kelas 7 Halaman 56 Kurikulum 2013 Jenis Hiasan Tenun Serat

Lembar Kerja 2 LK-2

Mengidentifikasi jenis hasil samping dari serealia, kacang-kacangan, dan umbi di daerahmu.

Nama bahan pangan: Serealia

Hasil samping: bekatul

Manfaat: mengandung gizi tinggi ketimbang butiran beras giling, melancarkan pencernaan, membantu sirkulasi darah, sebagai antioksidan, mengobati penyakit jantung, diabetes melitus, darah tinggi, kolesterol, pengapuran pembuluh darah, asma, dan gangguan fungsi hati

Produk olahan pangan: kue bekatul

Latar belakang sosial budaya: Bekatul adalah bagian terluar bulir yang terbungkus sekam. Bulir merupakan buah sekaligus biji tumbuhan serealia seperti padi dan gandum. Bekatul tersemat pada padi karena paling dikenal di nusantara. Menurut sejarahnya, padi menjadi simbol tingginya peradaban pada masa kolonial Belanda. Namun, ada pula yang mengaitkan padi dengan cerita rakyat Dewi Sri sebagai dewi kesuburan.

Baca Juga: Kunci Jawaban Modul 1 Prakarya Kelas 7 Semester Genap Jenis Kerajinan Serat Alam

Nama bahan pangan: Kacang-kacangan

Hasil samping: ampas kedelai

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat