bdadinfo.com

Membuktikan Tekanan pada Udara, Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 2 Halaman 20 21 Kurikulum 2013 - News

IPA kelas 8 Semester 2 halaman 20 21 Kurikulum 2013

Kunci jawaban IPA kelas 8 berikut dikutip dari Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII Semester 2 karya Siti Zubaidah, dkk. edisi revisi 2017 Kurikulum 2013.

Kunci jawaban IPA kelas 8 Semester 2 Aktivitas 7 5 halaman 20 21 ini memuat materi tentang membuktikan tekanan pada udara.

Kunci jawaban IPA kelas 8 halaman 20 21 Kurikulum 2013 ini untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Bumi dan Sistem Tata Surya, Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka Halaman 235

Aktivitas 7 5 Membuktikan tekanan pada udara

1. Ketika gelas yang berisi air dibalik, ternyata kertas HVS dapat menahan air di dalam gelas. Jelaskan mengapa hal ini dapat terjadi!

Kunci jawaban: karena kertas HVS mendapatkan tekanan dari udara luar yang jumlahnya lebih besar ketimbang tekanan air dalam gelas.

2. Ketika air dalam erlenmeyer yang ditutup dengan balon karet dipanaskan, balon karet mengembang. Mengapa hal ini dapat terjadi?

Kunci jawaban: Karena partikel gas dalam erlenmeyer menerima kalor dari pemanasan sehingga gerakan partikel gas dalam erlenmeyer makin cepat dan terjadi pemuaian yang berakibat tekanan menjadi besar, kemudian tekanan dalam erlenmeyer diteruskan sama besar menuju balon karet sehingga tekanan dalam balon itu lebih besar ketimbang tekanan gas di luar balon yang berdampak pada mengembangnya balon karet.

Baca Juga: Kunci Jawaban Uji Kompetensi Bab 6 IPA Kelas 7 Halaman 167 168 Tata Surya Kurikulum 2013

3. Mengapa ketika erlenmeyer yang berisi air panas yang telah ditutup rapat dengan balon karet dimasukkan ke dalam air dingin, balon karet tertekan ke dalam labu erlenmeyer? Jelaskan kejadian tersebut!

Kunci jawaban: Karena kalor pada partikel gas dalam erlenmeyer dirambatkan menuju air dingin, kemudian pergerakan partikel gas melambat dan terjadilah penyusutan, yang berakibat pada rendahnya tekanan gas dalam erlenmeyer sehingga balon karet masuk ke dalam erlenmeyer karena tekanan gas dari luar.

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Kunci jawaban: Kesimpulannya, tekanan dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari karena bisa dikondisikan, seperti prinsip tekanan gas pada balon udara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat