bdadinfo.com

Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 8 Halaman 138: Deskripsi Tokoh dan Cerita Berdasarkan Gambar Komik - News

Seni Budaya kelas 8 halaman 138 Kurikulum 2013

Kunci jawaban kelas 8 berikut dikutip dari Seni Budaya Kelas VIII SMP/MTs karya Eko Purnomo, dkk. edisi revisi 2017 Kurikulum 2013.

Kunci jawaban Seni Budaya kelas 8 halaman 138 ini memuat materi tentang deskripsi tokoh dan deskripsi cerita berdasarkan gambar komik.

Kunci jawaban Seni Budaya kelas 8 Kurikulum 2013 ini untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 7 Halaman 141 142 Kurikulum 2013 Pengertian Nasyid dan Bentuk Vokal Grup Lain

Setelah memperhatikan gambar komik pada halaman 137 di buku Seni Budaya Kelas VIII edisi 2017, isilah kolom berikut sesuai dengan pendapat kalian.

Gambar 1

Deskripsi tokoh: Ada dua tokoh. Tokoh pertama memakai penutup kepala dengan corak garis dan gamis panjang polos. Wajahnya tampak masih muda dan rambutnya menyembul di belakang dari balik penutup kepala. Tokoh kedua datang pada panel komik kedua, ia memakai penutup kepala yang mirip bentuknya dengan tokoh pertama hanya tidak ada corak serta gamis polos. Wajahnya tampak lebih tua ketimbang tokoh pertama, dengan kumis yang berukuran sedang tapi tidak sampai menutupi mulutnya.

Deskripsi cerita: Tokoh pertama awalnya sedang melakukan salat, dan pada waktu tahiyat kahir seekor kelabang menggigit punggungnya hingga meninggalkan bekas darah di baju. Kemudian, datanglah tokoh kedua yang memberitahukan ada darah di pakaiannya. Tokoh pertama bernama Khalaf itu pun segera mencuci baju yang terkena darah. Tokoh kedua bernama Abu Sa'id bertanya bagaimana bisa ia tidak merasakan sakit ketika digigit, kemudian Khalaf hanya berkata "Apakah merasakah yang semacam itu di hadapan Raja Yang Maha Perkasa?" yang kira-kira maknanya adalah tidaklah ada bandingannya itu gigitan kelabang dengan ibadah salat, ketika kita menghadap Sang Pencipta dan Perkasa.

Baca Juga: Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 10 SMA/SMK Semester 2 Halaman 25: Uji Kompetensi Bab 9 Pameran Karya Seni Rupa

Gambar 2

Deskripsi tokoh: Ada tiga tokoh utama, semua tokoh berwarna biru serta memakai topi. Tokoh pertama bernama Smurf Genit, ia memakai topi yang disematkan sehelai bunga sambil membawa cermin gagang. Ia selalu mengagumi dirinya sendiri. Tokoh kedua bernama Smurfin, ia memakai topi berwarna putih dan rambutnya panjang berwarna kuning. Ia sangat rajin membantu Papa Smurf, saat itu ia menyapu ruang kerjanya. Tokoh ketiga bernama Papa Smurf, ia memakai topi merah dan wajahnya dipenuhi janggut putih. 

Deskripsi cerita: Smurf Genit sangat mengagumi dirinya, makanya ia selalu becermin. Suatu hari ia berjalan-jalan dan melintas di depan rumah Papa Smurf. Ia penasaran ketika mendengar suara Smurfin dari dalam rumah Papa Smurf. Papa Smurf dan Smurfin ternyata sedang membersihkan laboratorium yang sudah sangat kotor. Smurfin pun menyapu dengan penuh semangat, hingga ia penasaran pada sebuah lemari yang berkunci. Namun, Papa Smurf bersikeras bahwa lemari itu tidak boleh dibuka karena tersimpan mantera-mantera berbahaya dan paling rahasia, serta denah menuju Puri Seribu Cermin.

Baca Juga: Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 7 Halaman 67 68 Kurikulum 2013 Ruang Waktu dan Tenaga pada Gerak Tari

Gambar 3

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat