bdadinfo.com

Kunci Jawaban Modul PKN Kelas 8 Halaman 64 Sumpah Pemuda Bagi Perjuangan Bangsa Indonesia - News

Soal PKN kelas 8 halaman 64

- Kunci jawaban PKN kelas 8 berikut dikutip dari Modul PJJ Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Semester Genap untuk Jenjang SMP Kelas VIII edisi 2020 karya Nanik Pudjowati, M.Pd. dan Satar, S.Pd., M.Pd.

Kunci jawaban PKN kelas 8 Pembelajaran 2 halaman 64 ini memuat materi tentang arti penting Sumpah Pemuda bagi perjuangan bangsa Indonesia.

Kunci jawaban PKN kelas 8 Kurikulum 2013 ini pun menjadi bahan evaluasi untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 9 SMP/MTs Halaman 120: Uji Kompetensi Bab 4 Masyarakat dalam Bhinneka Tunggal Ika

Arti penting Sumpah Pemuda:

1) Mempertegas jati diri sebagai bangsa Indonesia

Penjabaran: Sumpah Pemuda mempertegas jati diri sebagai bangsa Indonesia. Karena dengan Sumpah Pemuda, pemuda Indonesia yang berasal dari berbagai daerah, suku, dan agama, bersama-sama menyatakan pengakuan atau menegaskan diri sebagai satu bangsa, satu tanah air, dan satu bahasa yaitu Indonesia.

2) Menguatkan komitmen untuk mencintai tanah air, bangsa, dan bahasa Indonesia

Penjabaran: Sumpah Pemuda juga memiliki arti penting bagi generasi muda masa kini. Sumpah Pemuda mengingatkan bahwa kemerdekaan Indonesia dapat diraih berkat kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa. Karena itu, generasi muda wajib mencintai tanah air, bangsa, dan bahasa Indonesia, serta menjaga persatuan dan kesatuan, keutuhan bangsa dan negara Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga: Kunci Jawaban PPKn Kelas 10 Halaman 160 162 163 Kurikulum 2013 Peran Serta Warga Negara dalam Kesatuan Bangsa

3) Menguatkan komitmen untuk bersatu dalam perjuangan meraih kemerdekaan Indonesia

Penjabaran: Sumpah Pemuda memiliki arti penting dalam perjuangan bangsa meraih kemerdekaan karena, hanya dengan persatuan dan kesatuan dalam Sumpah Pemuda, bangsa Indonesia dapat meraih kemerdekaan pada tahun 1945.

4) Mendorong semangat juang bagi para pemuda generasi penerusnya

Penjabaran: Sumpah Pemuda mengandung semangat nasionalisme, semangat kebangsaan. Sumpah Pemuda menggelorakan semangat kebangsaan bukan hanya di kalangan pemuda Indonesia, tetapi juga bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat