bdadinfo.com

Sejarah, Sunnah dan Ketentuan Pembagian Daging Kurban, Kunci Jawaban Fikih Kelas 10 Halaman 99 - News

Uji Kompetensi Fikih kelas 10 halaman 99

- Kunci jawaban kelas 10 ini dikutip dari Fikih Kelas X MA Madrasah Aliyah edisi 2020 karya M. As'ary Kurikulum Merdeka.

Kunci jawaban Fikih kelas 10 Uji Kompetensi halaman 99 ini memuat materi tentang pengertian kurban dan akikah, sejarah kurban, sunnah kurban, ketentuan pembagian daging kurban, dsb.

Kunci jawaban Fikih kelas 10 halaman 99 Kurikulum Merdeka ini untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban Halaman 79 80 81 PAI Kelas 12 Evaluasi Bab 4 Agama Islam Kurikulum 2013

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan benar!

1. Jelaskan pengertian kurban dan akikah menurut istilah!

Kunci jawaban:

Kurban adalah menyembelih hewan dengan niat beribadah untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt., dengan syarat dan waktu tertentu yaitu sejak selesai salat Idul Adha hingga terbenam matahari tanggal 13 Dzulhijjah.

Akikah adalah menyembelih hewan pada saat hari ketujuh atau kelipatan tujuh dari kelahiran bayi disertai mencukur rambut dan memberi nama yang baik kepada anak yang baru dilahirkan.

2. Jelaskan sejarah singkat disyariatkannya kurban!

Kunci jawaban:

Dalam Al Quran, Nabi Ibrahim as. bermimpi menyembelih putranya yang bernama Ismail as. sebagai persembahan kepada Allah Swt.

Mimpi itu kemudian diceritakan kepada Ismail as. dan setelah mendengar cerita itu ia langsung meminta sang ayah melaksanakan sesuai mimpi itu karena diyakini benar-benar datang dari Allah Swt. 

Baca Juga: Ketentuan Pernikahan dalam Islam, Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Semester 2 Halaman 288 289 290 291

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat