bdadinfo.com

Inilah Politeknik Imigrasi Sekolah Kedinasan Dibawah Naungan Kemenkumham, Lulusan SMA Wajib Tau! - News

Para Taruna di Politeknik Imigrasi

- Politeknik Imigrasi(POLTEKIM) adalah sekolah kedinasan yang dibawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KEMENKUMHAM) yang fokusnya pada penerapan keahlian dan ilmu pengetahuan di bidang keimigrasian.

Politeknik Imigrasi didirikan oleh KEMENKUMHAM pada tahun 1962 dan berdiri lagi pada tahun 2000. Sekolah kedinasan ini sebelumnya dikenal sebagai Akademi Imigrasi(AIM).

Sekolah kedinasan Politeknik Imigrasi didirikan oleh KEMENKUMHAM agar dapat melatih individu untuk bekerja dalam pekerjaan pemerintah di bidang imigrasi, baik untuk ditempatkan di kantor imigrasi di seluruh Indonesia atau di unit imigrasi di perwakilan luar negeri Indonesia.

Baca Juga: Kabar Baik untuk Nasabah Bank Nagari, Promo Tahun Ajaran Baru Berlanjut

Taruna merupakan sebutan untuk siswa pada perguruan tinggi kedinasan, termasuk pada POLTEKIM.

Jumlah peserta didik di politeknik imigrasi dengan total 1.141 dengan pembagian pada tingkat 1 berjumlah 299, di tingkat 2 adalah 300, tingkat 3 yaitu 294, dan tingkat 4 sebanyak 248.

Para taruna mendapatkan pendidikan meliputi Mata Kuliah Dasar Umum, Mata Kuliah Dasar Khusus, Mata kuliah Keahlian dan Mata Kuliah Keterampilan untuk bidang ilmu hukum, sosial dan tentunya materi teknis Keimigrasian.

Baca Juga: Kembali ke Prancis, Patrick Vieira Ditunjuk Sebagai Pelatih Baru Strasbourg

Pembelajaran yang ada pun dapat secara perorangan maupun berkelompok. Fungsinya agar dapat memperluas wawasan dan bertambahnya pengetahuan supaya memudahkan transformasi dalam pembelajaran.

Dalam politeknik imigrasi juga adanya pelatihan yang gunanya untuk mengembangkan kemampuan taruna.

Pelatihan yang diberikan ada mengenai bahasa asing, komputer, bela diri, kekuatan fisik, dan keseimbangan ritme tubuh.

Baca Juga: Deretan Sekolah Kedinasan Paling Pavorit di Indonesia Auto Jadi PNS Setelah Lulus

Pada POLTEKIM juga adanya pengasuhan, yaitu kegiatan pembimbingan dan pengasuhan yang bertujuan menanamkan, memantapkan, dan mengamalkan nilai-nilai budaya bangsa.

Politeknik Imigrasi pun melakukan kuliah praktek lapangan di kantor-kantor imigrasi atau tempat pemeriksaan imigrasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat