bdadinfo.com

Bisa Jadi Pilihan, Politeknik Pelayaran Sumatra Barat Siap Berlayar di Dunia Kerja - News

Politeknik Pelayaran Sumatra Barat Siap Berlayar di Dunia Kerja

- Politeknik Pelayaran Sumatra Barat (Poltekpel) Sumbar adalah perguruan tinggi pada Kementerian Perhubungan dibawah pembinaan badan  pengembangan sumber daya manusia Perhubungan yang berkedudukan di Padang Pariaman provinsi Sumatera Barat.

Pembangunan Poltekpel Sumbar dilaksanakan berdasarkan kerjasama antar badan  pengembangan sumber daya manusia (SDM) Perhubungan atau  BPSDM dengan pemerintah provinsi Sumatera Barat  dan pemerintah daerah Kabupaten Padang Pariaman

Poltekpel Sumbar diresmikan oleh Menteri  Perhubungan Republik Indonesia pada tanggal 9 Februari 2018 berdasarkan peraturan Menteri Perhubungan nomor PM 05 tahun 2018.

Baca Juga: Antisipasi Merebaknya LGBT, PADAN Gelar Audiensi dengan Bupati Agam

Yang sebelumnya bernama Balai Pendidikan dan Pelatihan pelayaran atau BP3 padang Pariaman berdasarkan peraturan Menteri Perhubungan nomor PM 124 tahun 2015.

Politeknik Pelayaran Sumatra Barat telah memenuhi standard of training certification in working dan amandemennya dari international Maritime organization.

Dan berkembang menjadi salah satu lembaga pendidikan pelayaran terbesar di Indonesia dengan memiliki satu-satunya studi transportasi laut di Indonesia.

Poltekpel Sumbar menyelenggarakan berbagai program pendidikan dan pelatihan diantaranya program pembentukan Diploma program studi  transportasi laut.

Program sarjana terapan mempersiapkan taruna agar memiliki keahlian di bidang transportasi laut dan kepelabuhan yang tercakup dalam kegiatan pelayaran yang diamanatkan oleh undang-undang nomor 17 tahun 2008.

Tentang pelayaran untuk melaksanakan tugas di tingkat manajemen sebagai profesional pada perusahaan pelayaran, pengawasan pelaksanaan loading and discharging cargo di pelabuhan serta pengawasan lalu lintas kapal  penumpang dan barang.

Politeknik Pelayaran Sumatra Barat Siap Berlayar di Dunia Kerja
Politeknik Pelayaran Sumatra Barat Siap Berlayar di Dunia Kerja

Durasi pendidikan program 
-studi transportasi laut Diploma 4 145 SKS  yang dilaksanakan selama delapan semester 4 semester pembelajaran terstruktur 2  semester praktek darat atau Prada dan  2 semester terakhir dilanjutkan kembali dengan  pembelajaran di kelas.

-Program studi Nautica program Diploma 3 mempersiapkan taruna-taruni  agar memiliki pengetahuan pengalaman dan kemampuan untuk melaksanakan tugas di tingkat operasional sebagai watchkeeping officer.

Dalam tugas navigasi penanganan muatan pengawasan terhadap perlindungan personil dan operator radio pada tingkat operasional di kapal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat