bdadinfo.com

2.313 Calon Maba Politeknik Negeri Padang Ikuti UTBK Jalur SMPNP   - News

Calon Maba Politeknik Negeri Padang Ikuti UTBK Jalur SMPNP   (Istimewa )

- 2.313 calon mahasiswa baru Politeknik Negeri Padang (PNP) ikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) jalur Seleksi Mandiri Politeknik Negeri Padang (SMPNP).

UTBK itu digelar selama 3 hari, yakni 15-17 Juli 2023 di laboratorium komputer kampus PNP.

Terlihat ribuan calon mahasiswa baru itu bersaing memperebutkan sebanyak 732 kursi yang disediakan oleh perguruan tinggi advokasi di 32 program studi yang ada di kampus PNP.

Baca Juga: Pejabat Struktural PNP Dilantik, Dirjen Vokasi Kemdikbud Ristek Beri Pesan Khusus

“732 kursi itu merupakan total untuk penerimaan mahasiswa baru jalur SMPNP untuk 32 program studi yang terdiri 15 program studi Sarjana Terapan dan 17 program studi D3,” kata Wakil Direktur PNP Bidang Keuangan & Umum Sarmiadi.

Samiardi menyebutkan, ada 2 jalur yang dibuka yakni SMPNP dan Seleksi Mandiri Bersama Politeknik Negeri (SMBPN) yang sudah digelar serentak di loliteknik negeri se-Indonesia.

“SMPNP ini merupakan seleksi terakhir untuk penerimaan mahasiswa baru PNP,” katanya.

Baca Juga: Master Nasional, Mahasiswa PNP Siap Perkuat Sumbar dalam Kejurnas Percasi ke-49 di Jakarta

Sarmiadi menambahkan, Politeknik Negeri Padang menyediakan 4 jalur penerimaan mahasiswa baru. Bukan hanya SMPNP dan SMBPN tetapi juga ada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Test (SNBT).

Untuk 4 jalur ini, Politeknik Negeri Padang menyiapkan sekitar 2400 kursi untuk mahasiswa baru.

Terkait pelaksanaan UTBK untuk SMPNP, Sarmiadi menyebutkan, pelaksanaannya terbagi dalam 8 sesi yang terdiri dari 3 sesi untuk UTBK 15 dan 16 Juli, dan 2 sesi untuk 17 Juli dengan memanfaatkan 16 labor komputer PNP.

“Setiap sesi diikuti 300 peserta,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Pengawas UTBK SMPNP Zulhendri menambahkan, terdapat 34 peserta yang tidak hadir pada UTBK kali ini. Karena, total yang mendaftar SMPNP ini sebanyak 2.347 orang. Mereka yang tidak ikut UTBK kemungkinan sudah memilih di perguruan tinggi lain.

“Selain ada yang tidak hadir, dari hasil sidak oleh Wakil Direktur Bidang Keuangan dan Umum beserta Sekretaris Senat dan Ketua Jurusan, pada UTBK kali ini terdapat 1 orang peserta disabilitas,” kata Zulhendri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat