bdadinfo.com

Kunci Jawaban IPA untuk SMP/MTs Kelas 7 Semester 1, Uji Kompetensi 1 Halaman 29 - News

IPA untuk SMP MTs Kelas 7 Semester 1 Halaman 29

- Kunci jawaban kelas 7 ini dikutip dari Buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 karya Wahono W, Fida R, Siti N.H.

Kunci jawaban IPA SMP/MTs Kelas 7 ini memuat materi Uji Kompetensi 1 dari Bab 1 Objek IPA dan Pengamatannya.

Bab 1, Objek IPA dan Pengamatannya membahas tentang klasifikasi benda-benda yang diteliti oleh ilmuan sains alam. Bisa berupa objek fisis, kimiawi, maupun biologis.

Baca Juga: Lebih Horor dari Sitinjau Lauik, Tanjakan Manula Bengkulu Jalan Angker Makam Syekh

1. Pengertian Ilmu Pengetahuan Alam

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting di dalam sekolah dan juga memiliki manfaat di dalam kehidupan setelah kita lulus dari sekolah. Ilmu Pengetahuan Alam mempelajari tentang seluruh objek di alam dengan bermacam-macam interaksinya agar dapat dipelajari pola-pola dari keteraturannya. Ilmu pengetahuan alam juga memiliki kaitan yaitu dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis. Sehingga IPA tidak hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berisi fakta-fakta, konsep-konsep, maupun prinsip-prinsip saja, tapi juga merupakan suatu proses penemuan. Oleh karena itu pada hakikatnya IPA adalah ilmu untuk mencari tahu, dengan memahami alam semesta secara sistematik serta mengembangkan pemahaman ilmu pengetahuan tentang gejala alam yang dituangkan yaitu berupa fakta, konsep, prinsip, dan hukum yang dapat diuji kebenarannya.

Macam-macam Ilmu Pengatahuan Alam
Secara umum IPA dapaf dibagi menjadi tiga cabang besar yaitu sebagai berikut.

Baca Juga: Resep Gulai Itiak Lado Mudo: Kelezatan Bebek Pedas Khas Minangkabau

1. Ilmu Biologi

Biologi adalah cabang ilmu IPA yang mempelajari tentang aspek fisik kehidupan kita. Contohnya yaitu pertumbuhan dan perkembangan dari makluk hidup, klasifikasi makhluk hidup, rantai makanan sampai pada adaptasi makhluk hidup terhadap lingkungan, dan lain sebagainya.

2. Ilmu Kimia

Ilmu kimia adalah cabang ilmu IPA yang mempelajari tentang komposisi, struktur (baik struktur makroskopis maupun mikroskopis), dan sifat zat atau materi dari atom hingga molekul serta perubahan kimia yang terjadi pada materi ini. Misalnya yaitu adalah kimia mempelajari struktur kimia yang membentuk zat seperti air hingga minyak bumi.

3. Ilmu Fisika

Ilmu fisika adalah cabang ilmu IPA yang mempelajari tentang gejala alam yang tidak hidup (abiotik) maupun materi dalam alam semesta, mulai dari gaya, sampai interaksi antara benda antariksa dan lain sebagainya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat