bdadinfo.com

Ini 10 Konsep Dasar Geografi yang Perlu Kamu Pahami - News

Ilustrasi konsep geografi. (Pixabay.)

- Geografi adalah ilmu yang memberikan cakrawala yang sangat berarti kepada bumi sebagai tempat tinggal manusia. 

Perbedaan geografi dengan disiplin ilmu lain terletak pada bagian ontologinya yang menggunakan objek material dalam pendekatan, prinsip, dan konsep terhadap objek yang diteliti. 

Kajian ilmu ini juga memiliki konsep tersendiri yang terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Asal kata "geografi" berasal dari bahasa Yunani, yaitu "Geo" yang berarti bumi dan "Graphein" yang berarti "lukisan", "deskripsi", atau "tulisan". 

Baca Juga: Kerap Ditemukan di Sejumlah Daerah, Ini 5 Manfaat Sagu, Salah Satunya Bisa Menurunkan Kolesterol

Dengan demikian, geografi dapat diartikan sebagai suatu penggambaran atau pendeskripsian tentang bumi itu sendiri.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), geografi adalah ilmu tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi. Namun, cara memandang geografi terhadap bumi bukanlah sekadar untuk menginventarisasi fenomena di permukaan bumi, melainkan memerlukan konsep-konsep dasar dan esensial yang saling berkaitan.

Konsep-konsep dasar geografi, seperti yang dijelaskan oleh Suharyono dan Moch Amien, mencakup konsep lokasi, jarak, morfologi, keterjangkauan, pola, aglomerasi, nilai kegunaan, interaksi dan interdependensi, diferensiasi area, serta keterkaitan ruangan. 

Baca Juga: Deretan Populasi 15 Kota Besar Sumatera, Siapa Juaranya Bukan Padang atau Batam, Ada yang Beti Beda Beda Tipis

Melalui pemahaman terhadap konsep-konsep ini, ilmu geografi dapat memberikan pemahaman mendalam tentang fenomena alam dan sosial di permukaan bumi.

Untuk lebih tertarik mempelajari ilmu geografi, buku "Jurus Jitu Geografi" oleh Rino Agustianto, S.Pd dapat menjadi panduan yang berguna untuk melatih berbagai jenis soal terkait geografi. Buku ini akan membuka wawasan dan memperkaya pengetahuan tentang kecerdasan geografi.

Geografi juga berperan dalam memahami keterkaitan antara makhluk hidup dan lingkungan.

Baca Juga: Deretan Populasi 15 Kota Besar Sumatera, Siapa Juaranya Bukan Padang atau Batam, Ada yang Beti Beda Beda Tipis

Ilmu geografi memanusiakan bumi dengan cara menggali wawasan yang lebih mendalam tentang cara manusia berinteraksi dengan lingkungan alamnya.

Sebagai ilmu yang terus berkembang, geografi mengajarkan tentang dinamika bumi dan bagaimana manusia beradaptasi dengan perubahan lingkungannya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat