bdadinfo.com

Di Dialog Kebangsaan HMI Cabang Istimewa Turkiye, Menko Polhukam Mahfud MD Sampaikan Pesan Ini - News

HMI Cabang Istimewa Türkiye berkolaborasi menggelar Dialog Kebangsaan bersama Menko Polhukam.  (HMI Cabang Istimewa Türkiye)

- HMI Cabang Istimewa Türkiye berkolaborasi menggelar Dialog Kebangsaan bersama Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Jumat 25 Agustus 2023.

Dialog kebangsaan bersama Menko Polhukam Mahfud MD ini berkolaborasi dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) bertempat di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ankara.

Adapun dialog kebangsaan yang mengambil tema 'Peran dan Tantangan Pelajar Indonesia di Luar Negeri dalam Menjaga Ketahanan Nasional' ini diikuti oleh kader HMI Türkiye, perwakilan PPI Wilayah se-Türkiye, dan sejumlah mahasiswa. 

Baca Juga: Rubiales Tolak Mundur Usai Tersandung Kontroversi Pelecehan Seksual, Striker Spanyol Ini Ogah Main di Timnas

Mahfud MD dalam kesempatan tersebut menuturkan, terdapat dilema antara demokrasi dan integrasi yang terjadi.

Hal itu dikarenakan keduanya mempunyai watak yang berlawanan. Demokrasi memiliki spirit membebaskan, sedangkan integrasi ingin mengekang.

Lebih jauh dituturkan Menko Polhukam, dilema itu pernah ditulis oleh Clifford Geerta dalam topik The Integrative Revolution, Primordial Sentiments and Civil Politics in the New States. 

Baca Juga: Rayakan Produksi ke 8 Juta Unit, Daihatsu Lepas 8 Ribu Anak Penyu di Pantai Padang Sumbar

Dalam tulisannya, tertulis bahwa kegagalan dalam mengelola keseimbangan antara demokrasi dan integrasi bisa menimbulkan disintegrasi. 

"Seperti halnya Pakistan yang memecahkan diri dari India pada tahun 1947, padahal sebelumnya merupakan kesatuan Hindustan di bawah Britania Raya," ucap Menko Polhukam Mahfud MD. 

"Oleh karenanya agar supaya demokrasi dan integrasi ini bisa beriringan maka ada yang disebut sebagai nomokrasi, yaitu supremasi hukum untuk menjaga integrasi" imbuhnya. 

Baca Juga: Resmi Dipecat PDIP, Ini Respons Budiman Sudjatmiko, Pasrah?

Tak hanya itu, Mahfud MD juga menyampaikan rasa bangganya dapat bertemu dan berinteraksi dengan Mahasiswa Indonesia di Türkiye, khususnya dengan kader HMI Turkiye.

Mahfud MD diketahui merupakan alumni HMI dan pernah menjabat sebagai Presidium Majelis Nasional KAHMI Periode 2012-2017.

Menteri Pertahanan (Menhan) era Presiden Gus Dur ini juga menyampaikan pesan khusus kepada Pengurus HMI Cabang Istimewa Turkiye

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat