bdadinfo.com

MotoGP Umumkan Pembatalan Seri Kazakhstan, Ini yang Menjadi Penyebabnya - News

Sirkuit Sokol dalam pembangunan untuk mengadakan seri balap MotoGP

- MotoGP mengumumkan bahwa seri Kazakhstan, yang direncanakan akan menjadi seri terbaru di musim 2023, telah resmi dibatalkan.
 
Gelaran balap MotoGP Kazakhstan yang akan digelar di sirkuit Sokol International Racetrack ini rencananya akan menjadi seri kesembilan di musim 2023.
 
MotoGP bahkan telah mempromosikan seri Kazakhstan sejak tahun lalu, sebagai upaya memperluas pasar balapan motor terkenal di dunia tersebut.
 
Sokol International Racetrack  sudah bersepakat untuk menyelenggarakan MotoGP dengan kontrak lima tahun, dimulai dari 2023.
 
Bahkan, sirkuit tersebut sudah masuk dalam kalender balap MotoGP musim ini, dan seri Kazakhstan sendiri akan digelar pada 7-9 Juli 2023.
 
Rencana awalnya adalah Kazakhstan akan menjadi penerus berikutnya untuk seri-seri MotoGP lain yang sudah sukses digelar di Asia.
 
Sebelumnya, MotoGP telah sukses menjaring penggemar balap di Asia dengan adanya seri Thailand, Malaysia, Jepang dan Indonesia. 
 
Dikutip dari situs resmi MotoGP, proses homologasi hingga tantangan operasi global membuat seri tersebut dibatalkan.
 
Proses homologasi adalah hal yang sangat penting untuk sirkuit-sirkuit baru yang ingin menyelenggarakan ajang balap MotoGP.
 
Dengan adanya homologasi, sirkuit tersebut dapat dijamin keamanannya serta layak untuk digunakan dalam berbagai ajang.
 
Seandainya seri Kazakhstan tidak dibatalkan, negara tersebut akan menjadi negara ke-30 yang mengadakan ajang balap motor bergengsi yang ada sejak 1949 tersebut.
 
Sokol International Racetrack juga rencananya akan menjadi sirkuit ke-74 yang mengadakan kejuaraan balap motor tersebut.
 
Pembangunan sirkuit tersebut telah dilakukan sejak tahun 2014, yang didesain oleh spesialis pembuat sirkuit ternama yaitu Hermann Tilke.
 
Sirkuit tersebut memiliki panjang sekitar 4,5 kilometer dengan 12 tikungan, terdiri atas 8 tikungan ke kanan dan 4 tikungan ke kiri.
 
Meski dibatalkan untuk tahun ini, MotoGP berencana untuk tetap membawa seri Kazakhstan di musim depan yaitu 2024.
 
Dengan pembatalan ini, maka hanya tersisa seri India di sirkuit Buddh International Circuit sebagai seri baru MotoGP 2023.
 
Pembatalan seri Kazakhstan pun juga membuat jumlah seri berkurang menjadi hanya 20, dengan tidak adanya pengganti untuk seri tersebut.
 
Hasil ini juga membuat balapan MotoGP, termasuk sprint di hari Sabtu, secara keseluruhan adalah 40 balapan.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat