bdadinfo.com

Gagal Eksekusi Penalti saat Lawan Filipina, Indra Sjafri Ungkap Alasan Mengapa Memilih Rizky Ridho - News

Pelatih Timnas Indonesia di ajang SEA Games  (pssi)

Pelatih Kepala Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri memberikan komentarnya terkait gagalnya tendangan penalti yang dieksekusi oleh pemain belakang Skuad Garuda, Rizky Ridho saat laga Timnas Indonesia melawan Filipina di ajang SEA Games pada Sabtu, 29 April 2023 di Stadion Nasional, Kamboja.

Indra Sjafri menyatakan, bahwa Rizky Ridho yang juga merupakan bek Timnas Indonesia senior tersebut memang sudah dipersiapkan oleh tim pelatih sejak awal sebagai eksekutor utama tendangan penalti. Sehingga, saat laga melawan Filipina, Rizky menjadi penendang tendangan 12 meter tersebut.

Indra Sjafri menjelaskan, sebelum laga melawan Filipina, ia bersama tim pelatih berunding terkait siapa eksekutor penalti Timnas Indonesia.

Baca Juga: Hari Buruh: Mengenang 20 Tahun Tragedi Marsinah, sang Karyawan Pabrik yang Berani Ancam Gugat Militer

Namun, usai kegagalan saat mengambil penalti kontra Filipina, dirinya akan mendiskusikan terlebih dahulu apakah akan tetap Rizky Ridho atau diganti dengan pemain lainnya.

"Dalam dua hari terakhir, kami berbicara mengenai siapa yang akan menjadi algojo jika dapat penalti. Rizki Ridho adalah salah satu yang kita pilih. Apakah kedepannya kita tetap pilih dia? Kita lihat nanti," kata Indra Sjafri, keterangan tertulis dikutip Senin, 1 Maret 2023.

Pada laga perdana fase grup SEA Games 2023, Skuad Garuda Nusantara meraih hasil maksimal setelah mengalahkan Filipina 3-0 di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja.

Baca Juga: Peringatan Hari Buruh Nama Marsinah Menggema, Mulyani Jadi Perbandingan atas Perjuangan

Ketiga gol Timnas Indonesia dicetak oleh Marselino Ferdinan, Irfan Jauhari dan Fajar Fathur Rachman. Akan tetapi, coach Indra Sjafri menuturkan bahwa kemenangan timnas di laga perdana tersebut didapatkan dengan tidak mudah.

Pasalnya, Skuad Garuda Nusantara baru dapat menceploskan bola ke gawang Filipina saat di akhir babak pertama lewat sepakan Marselino Ferdinan. Adapun dua gol tambahan dari Irfan Jauhari dan Fajar Fathur Rachman tercipta pada masa perpanjangan waktu, yakni menit 90 serta 90+2.

Baca Juga: Wajib Coba Paket Komplit Wisata Alam Liburan Akhir Pekan Bersama Keluarga di Orchid Forest Cikole Lembang

"Pertama, saya ingin mengucapkan Alhamdulillah, yang kedua terima kasih banyak kepada para pemain yang berjuang. Pertandingan yang berat, anak-anak di babak pertama mencoba untuk mengembangkan permainan dan di babak kedua mereka mulai bisa bermain dengan baik," urai Indra Sjafri usai pertandingan.

Pada laga tersebut, Indonesia sempat mendapat penalti usai Witan Sulaeman dilanggar pemain Filipina. Namun, Rizky Ridho gagal mengeksekusi penalti. Bola tendangannya ditepis kiper Filipina, Quincy Kammeraad.

Laga berikutnya, Garuda Nusantara sudah ditunggu Myanmar pada laga kedua di ajang SEA Games tanggal 4 Mei mendatang di stadion yang sama.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat