bdadinfo.com

Profil Indra Sjafri: Kepala Kantor Pos Jebolan PSP Padang yang Sukses Melatih Timnas Indonesia - News

Pelatih Timnas Indonesia Indra Sjafri (Okezone )

- Nama Indra Sjafri kembali populer setelah berhasil membawa Timnas Indonesia meraih juara di ajang SEA Games 2023.

Sebelumnya, melalui tangan dingin Indra Sjafri, Timnas Indonesia juga keluar sebagai juara dalam turnamen kejuaraan remaja U-19 AFF 2013.

Kala itu, Garuda Muda berhasil mengalahkan Vietnam melalui babak adu penalti dengan skor 7-6, usai bermain imbang 0-0 pada waktu normal.

Baca Juga: Heboh Batu Ginjal Sebesar Jahe, Ternyata ini Penyebabnya: Hati Hati yang Suka Nahan Pipis!

Nah usut punya usut, ternyata sebelum menjadi pelatih Garuda Jaya (julukan Timnas Indonesia), Indra Sjafri ternyata pernah menjadi seorang pemain sepak bola untuk PSP Padang pada tahun 1980-an. 

Baca Juga: Indonesia Cabor Sepakbola Raih Medali Emas SEA Games 2023 Selama 32 Tahun!

Setelah mengakhiri karirnya sebagai pemain, Indra sempat menangani PSP Padang sebagai pelatih, sambil tetap bekerja di kantor pos.

Namun, ia memutuskan untuk fokus menjadi pelatih profesional dengan mengorbankan posisinya sebagai Kepala Kantor Pos di sebuah kota di Sumatera Barat.

Keputusan Indra Sjafri untuk menjadi pelatih tidak diambil begitu saja.

Hal itu bermula ketika dirinya mengalami kekecewaan pribadi saat mengikuti seleksi Tim Pra PON Sumatera Barat pada tahun 1985, di mana banyak talenta muda yang terlewatkan oleh para pelatih. 

Baca Juga: Fakta Unik Qasim Matar Ali Al Hatmi, Wasit 'Murah Kartu' yang Sering Bertemu Indonesia di Laga Internasional

Hal tersebut membuat Indra bertekad bahwa jika suatu saat menjadi pelatih, ia harus bisa memantau dan menemukan bibit-bibit berkualitas di berbagai daerah di Indonesia.

Untuk mencapai tujuannya menjadi pelatih profesional, Indra Sjafri banyak mengikuti kursus kepelatihan. 

Pada tahun 1997, ia berhasil mendapatkan lisensi C AFC, kemudian naik ke level B pada tahun 1998, dan mencapai level A pada tahun 1999.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat