bdadinfo.com

Ini 3 Bagian pada Mobil yang Wajib Diperiksa Setelah Mudik Lebaran - News

Ini 3 Bagian pada Mobil yang Wajib Diperiksa Setelah Mudik Lebaran. (freepik)

- Setelah perjalanan mudik Lebaran dan menempuh jarak ratusan kilometer, pengecekan mobil merupakan hal yang penting dan tidak boleh disepelekan, agar kondisi kendaraan tetap prima.

Perjalanan dengan jarak tempuh ratusan kilometer membuat kendaraan terasa ‘lelah’, terutama pada bagian kaki-kaki, interior, kelistrikan, dan mesin dapat mengalami penurunan performa.

Dirangkum dari lama Auto2000, terdapat tiga bagian pada kendaraan yang harus diperiksa setelah mudik Lebaran agar mobil tetap dalam kondisi prima, yuk simak.

Baca Juga: Mansory Ubah Mercedes G63 Jadi Mobil Gurun, Capai Segini Tenaganya

Ban Mobil

Setelah menempuh jarak ratusan kilometer dengan berbagai kondisi jalan yang dilalui, serta muatan yang penuh membuat ban bekerja lebih ekstra.

Lakukan pengecekan terhadap telapak ban, pastikan tidak ada kerikil yang menempel dan lihat ketebalan ban apakah masih layak atau tidak.

Periksa Oli Mesin

Pelumas atau oli mesin merupakan komponen penting yang berfungsi untuk melindungi mesin. Oleh karena itu, volume oli mesin tidak boleh kurang.

Baca Juga: Deretan Mobil Sport Ini Ternyata Punya Konsumsi BBM Terhemat, Mulai dari Mazda Hingga Porsche

Pengecekan oli mesin dapat dilihat dari tongkat pengukur atau dipstick, pastikan tidak ada perubahan warna oli mesin, apalagi jika warnanya berubah menjadi coklat susu.

Hal tersebut menandakan bahwa oli mesin telah bercampur dengan air.

Periksa Cairan Lainnya

Selain oli mesin, terdapat beberapa komponen berbentuk cairan seperti minyak kopling, air aki, air wiper, minyak power steering, dan radiator.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat