bdadinfo.com

Mengenal Velg Mobil Mulai dari Cara Pembuatan hingga Bahan yang Digunakan - News

Mengenal Velg Mobil Mulai dari Cara Pembuatan hingga Bahan yang Digunakan. (Speed Academy)

- Velg mobil merupakan salah satu komponen yang mempengaruhi performa dan tampilan pada eksterior. Selain sebagai penunjang penampilan, velg memiliki peran dalam stabilitas kendaraan.

Oleh karena itu, velg mobil ini terkadang sering diganti para pemiliknya ketika ingin memodifikasi roda karena dapat menambah nilai penampilan eksterior menjadi lebih menarik.

Sebelum memilih velg mobil yang tepat, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal seperti ukuran velg yang sesuai dengan mobil dan bahan velg yang berkualitas.

Baca Juga: Waduh! Polisi Ciduk Maling Ban dan Velg Mobil yang Parkir di Padang

Berikut adalah penjelasan lebih dalam mengenai perbedaan velg mulai dari cara pembuatan hingga konstruksinya yang telah dirangkum dari laman resmi Wuling.

Ada beberapa cara untuk pembuatan velg antara lain forged, casting, dan flow forming.

Velg forged dibuat dengan menggunakan tekanan dan temperatur tinggi untuk membentuk velg dari blok logam yang telah diubah bentuknya.

Baca Juga: Longsor di Kelok 9 Limapuluh Kota Sumatera Barat Satu Mobil Hampir Jatuh ke Jurang

Cara pembuatan ini menjadikan velg memiliki ketahanan dan kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan velg casting dan flow forming.

Namun velg forged dibanderol dengan harga yang lebih mahal dan lebih sulit ditemukan.

Kemudian velg casting merupakan velg yang dibuat dengan cara dicetak dan dibagi menjadi dua jenis, yaitu gravity casting dan low pressure casting.

Cara pembuatan velg ini lebih mudah dan efisien, sehingga harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan velg forged.  Namun, velg casting kurang kuat dibandingkan dengan velg forged.

Ketiga adalah velg flow forming atau dibuat dengan cara memutar dan membentuk logam pada suhu tinggi sehingga menghasilkan kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan velg casting.

Harga velg flow forming juga lebih terjangkau dibandingkan dengan velg forged.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat