bdadinfo.com

Dampak Kurang Tidur Semalaman yang Dapat Ganggu Kesehatan Tubuh, Berikut Ulasannya! - News

Dampak Kurang Tidur Semalaman yang Dapat Ganggu Kesehatan Tubuh, Berikut Ulasannya! (www.freepik.com)

 - Kesulitan tidur atau insomnia, sering kali dialami oleh segelintir orang yang berakibat terjadinya kurang tidur. Jika Kamu tidak tidur semalaman bisa mengganggu kesehatan tubuh lho.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), orang dewasa harus tidur setidaknya 7 hingga 9 jam setiap malam. Hanya saja, tak sedikit orang justru tidur kurang dari 7 jam, yang mengakibatkan terjadinya kurang tidur.

Berikut akibat kurang tidur semalaman yang dikutip dari okezone.com pada hari Kamis, 4 Mei 2023. 

Baca Juga: Awas! 5 Penyakit Ini Mengancam Jiwa Jika Anda Kurang Tidur

Akibat kurang tidur terutama tidak tidur semalaman secara kronis dapat meningkatkan risiko kondisi medis serius. Seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Sebab, saat tidur tubuh mengeluarkan hormon yang membantu mengontrol nafsu makan, metabolisme, dan pemrosesan glukosa. Tak tidur dapat menyebabkan peningkatan produksi kortisol tubuh atau biasa dikenal sebagai hormon stres.

Tak hanya itu, kurang tidur tampaknya membuat hormon lain rusak. Kurang insulin dilepaskan setelah Kamu makan, dan bersama dengan peningkatan kortisol, dapat menyebabkan terlalu banyak glukosa dalam aliran darah. Dengan demikian meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Baca Juga: Tak Hanya Karena Kurang Tidur, Ini 7 Penyebab Mata Panda

Selain itu, menurut John Cline, PhD, asisten profesor psikologi klinis di Yale School of Medicine setelah 24 jam tidak tidur, hormon stres khususnya kortisol dan adrenalin meningkat untuk mengimbangi kelelahan yang Kamu lawan dan untuk membantu tetap bugar.

Konsekuensi kurang tidur selama 24 jam juga sebanding dengan gangguan kognitif seseorang dengan kandungan alkohol dalam darah 0,1 persen, menurut penelitian sebelumnya. Tingkat gangguan kognitif itu bisa cukup berbahaya, tergantung pada apa yang Kamu lakukan.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya untuk memperhatikan pola tidur demi menjaga kesehatan tubuh. Itulah akibatnya jika tidak tidur semalaman. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat