bdadinfo.com

Kisah Basrizal Koto: dari Penjual Petai Menjadi Seorang Pengusaha Sukses - News

Sosok Basrizal Koto, pengusaha asal Pariaman.  (Instagram @basrizal_koto)

Basrizal Koto, seorang pengusaha asal Pariaman, berhasil meraih kesuksesan luar biasa setelah hadapi berbagai rintangan dalam membangun usahanya dari nol.

Pria yang dikenal sebagai ‘crazy rich’ ini memiliki beragam bisnis. Basrizal Koto mempunyai usaha seperti batu bara, media, percetakan, hingga properti.

Bukan hal yang instan, Basrizal Koto memulai perjalanan hidupnya sebagai seorang yang merantau sejak usia 12 tahun.

Ia telah menjalani berbagai pekerjaan yang beragam, mulai dari menjadi kernet oplet, berjualan petai, hingga menjahit.

Kisah sukses Basrizal diawali dari masa kecil yang penuh tantangan. Ia berasal dari keluarga buruh tani dan harus berhenti sekolah pada kelas 5 SD.

Baca Juga: Baru Seminggu Berjalan, Polisi Amankan 5 Pelaku Praktek Aborsi Ilegal di Jakarta

Ayahnya, seorang buruh tani yang hanya mampu memberikan makan sekali sehari, sedangkan ibunya tidak bekerja dan terkadang harus meminjam beras dari tetangga agar anak-anaknya bisa makan.

Dalam usaha untuk mengubah nasibnya, Basrizal memutuskan untuk merantau ke Riau dengan izin dari ibunya.

Meski harus berhenti sekolah, Basrizal memiliki kemampuan komunikasi yang luar biasa. Ia mulai perjalanan suksesnya dengan menjadi kernet angkutan umum untuk mencari penghidupan.

Untuk menyewa kontrakan, Basrizal bekerja keras siang dan malam. Selain menjadi kernet, ia juga mengambil pekerjaan sebagai sopir dan tukang jahit.

Kemudian, Basrizal beralih ke bisnis dagang petai, Pada usia muda, ia menjadi pedagang kaki lima dan akhirnya berhasil menjual motor saat usianya 17 tahun.

Baca Juga: Tips Aman dan Nyaman Membawa Bayi Berkendara Jarak Jauh

Dengan tekad dan kerja kerasnya, Basrizal akhirnya meraih kesuksesan dan memilih untuk kembali ke kampung halamannya untuk menyejahterakan kota kelahirannya.

Prestasi Basrizal tak berhenti di situ, bukan hanya mendirikan satu perusahaan, ia mendirikan beberapa perusahaan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat