bdadinfo.com

Unik dan Beda, Ternyata Ini Standar Kecantikan Wanita di Mentawai Sumbar - News

Wanita kepulauan Mentawai melakukan kerik gigi. (theasianparent.)

- Standar kecantikan wanita di suatu daerah rupanya berbeda-beda, seperti halnya wanita di Kepulauan Mentawai Sumbar yang ternyata memiliki standar kecantikan sendiri.

Bila kecantikan pada umumnya dilihat dari paras dan wajah serta ukuran tubuh, maka para wanita di Mentawai memiliki standar sendiri.

Seperti kita ketahui, bila para model serta artis-artis kerap disebut cantik karena memiliki pesona tersendiri yang ternyata memiliki perbedaan.

Baca Juga: Cocok untuk Aktivitas di Luar, Berikut Prakiraan Cuaca di Sumatera Hari Ini, Diprediksi Cerah Berawan

Seperti halnya masyarakat di Kepulauan Mentawai, Sumatera barat, rupanya para wanita di sana memiliki standar kecantikan yang berbeda dari umumnya masyarakat modern.

Suku Mentawai yang terletak di Kepulauan Mentawai, Sumbar, memiliki tradisi yang disebut kerik gigi, yaitu tradisi untuk mengerik gigi dan membentuknya menjadi runcing bak taring. 

Rupanya, tradisi mengerik gigi menjadi runcing tersebut justru menjadi standar kecantikan para wanita di Kepulauan Mentawai.

Baca Juga: Cocok untuk Aktivitas di Luar, Berikut Prakiraan Cuaca di Sumatera Hari Ini, Diprediksi Cerah Berawan

"Di suku Mentawai di Sumbar, ada tradisi kerik gigi yaitu tradisi mengerik gigi bagi suku Mentawai ini adalah tanda kecantikan kecantikan mereka terlihat dari gigi runcing," tutur influencer @vincensiuss menceritakan tentang tradisi suku Mentawai di unggahan miliknya, dikutip Kamis 3 Juli 2023.

Tradisi meruncingkan gigi tersebut menjadi parameter atau tanda kecantikan bagi para wanita yang ada di sana.

Selain kecantikan, kerik gigi juga menjadi pertanda bagi wanita di sana bila mereka sudah memasuki usia dewasa.

Baca Juga: Mengenal 10 Konsep Geografi yang Digunakan untuk Penggambaran Berbagai Gejala yang ada di Alam

"Gigi runcing pertanda dia wanita yang sudah dewasa, serta menambah kebahagiaan," imbuhnya.

Tak sama dengan teknologi modern yang menggunakan bius untuk mengurangi rasa sakit, para wanita di Mentawai sama sekali tidak menggunakan obat bius saat melakukan pengerikan gigi.

Uniknya saat proses peruncingan dilakukan, para wanita tersebut tidak menggunakan bius melainkan cukup dengan menggigit pisang hijau.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat