bdadinfo.com

Masyarakat Bukittinggi Antusias Ikuti Sosialisasi Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga - News

Masyarakat Bukittinggi Antusias Ikuti Sosialisasi Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (IST)

- Ratusan warga Kota Bukittinggi menyambut antusias acara sosialisasi yang diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan DPR-RI di Aula PGSD, UNP, Bukittinggi pada Selasa, 12 Desember 2023.

Anggota Komisi IX DPR RI, Ade Rezki Pratama, saat membuka kegiatan menyoroti pentingnya fokus pada pencegahan stunting, kondisi gagal tumbuh pada anak yang menyebabkan pendeknya tubuh.

Dalam program pencegahan stunting, salah satu aspek yang diangkat adalah peran alat kesehatan, seperti alat kontrasepsi.

Baca Juga: Juara! Sumatera Utara Borong Jalan Tol Baru di Akhir Tahun 2023, Ada 3 Ruas yang Langsung Dioperasikan Gratis Sambut Libur Nataru

"Pencegahan stunting membutuhkan alat kesehatan, contohnya alat kontrasepsi. Namun, kita harus waspada terhadap praktik tidak bertanggung jawab, seperti pemalsuan barang kesehatan yang dapat membahayakan," ungkap Ade Rezki Pratama.

Ia juga menyoroti risiko dari pembelian barang kesehatan melalui marketplace, di mana seringkali tergiur harga murah dan diskon yang pada akhirnya dapat membahayakan kesehatan konsumen.

"Barang kesehatan yang sering kita gunakan, seperti masker, popok bayi, pembalut, hingga sabun cuci piring, kadang dibeli melalui marketplace. Hati-hati dengan harga murah, karena kesehatan kita tidak bisa ditawar dengan diskon," tegasnya.

Baca Juga: Satu Unit Rumah di Nagari Gadut Agam Hangus Terbakar

Dalam upaya melindungi masyarakat yang berinteraksi langsung dengan alat kesehatan, Kementerian Kesehatan menggelar kegiatan ini sebagai bentuk perlindungan.

Linda Faroza, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi, menegaskan pentingnya pemahaman dalam penggunaan alat kesehatan.

"Alat kesehatan rumah tangga memiliki manfaat, namun juga berisiko. Efek kesehatannya perlu dipertimbangkan dengan baik," ujar Linda.

Linda juga mengingatkan tentang bahaya penggunaan botol susu yang tidak direbus sebelum digunakan.

Ia menyoroti pentingnya melihat izin edar sebelum membeli, mengingat banyak kasus izin edar yang telah kadaluarsa atau dipalsukan, dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat tentang penggunaan alat kesehatan, acara ini tidak hanya memberikan pengetahuan tentang cara penggunaan yang benar, tetapi juga menyentuh aspek-aspek penting, seperti pembuangan masker yang tepat dan larangan menggunakan obat tetes telinga untuk mata.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat