bdadinfo.com

Aceh-Sumut Berkibar Menuju Puncak! Jalan Tol Aceh-Sumut Rampung 100% Siap Sukseskan Pegelaran Akbar PON XXI 2024 Mendatang - News

 Jalan Tol Aceh–Binjai adalah jalan tol bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra yang menghubungkan Provinsi Aceh dengan Provinsi Sumatera Utara untuk menyukseskan pegelaran akbar PON XXI 2024.

- Pembangunan mega proyek Jalan Tol AcehBinjai adalah jalan tol bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra yang menghubungkan Provinsi Aceh dengan Provinsi Sumatera Utara.

Tahap pertama pembangunannya meliputi ruas Banda Aceh–Sigli yang peletakan batu pertama dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Desember 2018.

Pembangunan jalan tol Aceh–Binjai merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional hingga ke Lampung. Setelah pembangunan jalan tol ruas Banda Aceh–Sigli.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kelas 8 SMP/MTs Halaman 266 267 Section 5 Adverb of Manner Kurikulum Merdeka

Kemudian dilanjutkan tahap selanjutnya meliputi ruas Sigli–Lhokseumawe, Lhokseumawe–Langsa, dan Langsa–Binjai. Menurut Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas, Jalan Tol Lhokseumawe – Sigli sepanjang 135km akan memerlukan investasi total sebesar Rp21,786 triliun.

Provinsi Aceh, Pj. Gubernur Aceh, Bapak Bustami Hamzah menegaskan agar pembangunan jalan tol Sigli – Banda Aceh (Sibanceh) dapat dituntaskan dan diresmikan oleh Bapak Presiden Jokowi.

Pada bulan Agustus 2024 atau sebelum pelaksanaan PON XXI/2024 diselenggarakan di Provinsi Aceh dan Sumut, untuk itu dibutuhkan dukungan dan upaya bersama antar stakeholder terkait.

Event olahraga yang dilaksanakan selama 4 tahun sekali tersebut merupakan agenda penting yang akan memberikan dampak besar bagi kemajuan Aceh secara keseluruhan.

Kesempatan emas bagi Aceh ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin dalam menunjukkan potensi dan kemampuan dalam penyelenggaraan event skala nasional sekaligus menjadi ajang prestisius, ujarnya.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Aceh, T. Robby Irza melaporkan saat ini, pembangunan Jalan Tol Sibanceh secara keseluruhan dari Seksi 1 sampai 6 dengan total 74, 2 km.

Realisasi fisik telah mencapai 90,97% dimana masih dibutuhkan penambahan lahan seluas 112,84 Ha yang di dalamnya terdapat pelepasan kawasan hutan seluas 55,37 Ha yang terletak di Seksi 1 (Padang Tiji – Seulimum) sepanjang 24,3 km.

Sesuai dengan arahan Bapak Pj. Gubernur Aceh, Kepala Biro mengharapkan kepada stakeholder terkait dalam pembangunan Jalan Tol Sibanceh agar segera menuntaskan proses pengadaan lahan tol Sibanceh sesegera mungkin, agar lanjutan pekerjaan konstruksinya dapat mulai dilaksanakan setalah Lebaran Idul Fitri 1445 H.

PPK Pengadaan Tanah Tol Sibanceh, Dedyansyah menyampaikan Pada Seksi 1 Ruas Jalan Tol Padang Tiji- Seulimum yang merupakan ruas terpanjang di Sibanceh.

Sampai dengan 5 April 2024 telah mencapai realisasi pembebasan lahan sebesar 98,47% dan realisasi konstruksi di lapangannya 83,60%. Menurutnya Seksi 1 tersebut masih menyisakan 7 bidang lahan belum bebas di akses pintu Tol Padang Tiji, yang dikarenakan.

Baca Juga: Lampung Alami Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kg, Pembeli Wajib Gunakan KTP dan Memicu Kenaikan Harga

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat