bdadinfo.com

Hore! Dua Ruas JTTS di Bagian Utara Sumatera Siap Berkibar! Jalan Tol Aceh dan Padang-Sicincin di Sumatera Barat Rampung di Akhir Tahun Ini - News

Pembangunan dua ruas proyek jalan tol Trans Sumatera di bagian utara sumatera bakal tersambung di akhir tahun di mana dua ruas tol itu adalah Tol Ruas Padang-Sicincin di Sumatera Barat dan Tol Ruas Sigli-Banda Aceh seksi I Padang Tidji-Seulimum di Aceh.

- Kabar bahagia datang dari pembangunan dua ruas proyek jalan tol Trans Sumatera di bagian utara sumatera bakal tersambung di akhir tahun.

Diketahui, Dua ruas tol itu adalah Tol Ruas Padang-Sicincin di Sumatera Barat dan Tol Ruas Sigli-Banda Aceh seksi I Padang Tidji-Seulimum di Aceh.

Ruas Padang-Sicincin dibangun sepanjang 36 kilometer. Sementara Padang Tidji-Seulimum dibangun sepanjang 25 kilometer. Kedua ruas ini akan selesai dibangun pada kuartal III atau kuartal IV tahun ini.

Baca Juga: Satgas Siap Membantu, Proses Perizinan Berusaha di Padang Sangat Mudah dan Ramah

PT Hutama Karya (Persero) menyatakan dua ruas tol itu masuk dalam pembangunan Jaringan Tol Trans Sumatera Tahap I.

"Hutama Karya menargetkan dua ruas ini dapat segera rampung di Kuartal III dan IV tahun 2024, sehingga konektivitas dan mobilitas antar provinsi akan semakin lancar," ujar Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim dalam keterangannya

Adjib mengatakan ketersediaan lahan untuk pembangunan kedua jalan tol ini sudah hampir selesai, sehingga proses konstruksi diharapkan dapat berjalan lancar.

Lebih rinci, hingga akhir Juni, progres pengadaan lahan Jalan Tol Ruas Padang-Sicincin telah mencapai 96,68%, dengan progres konstruksi mencapai 67,20%.

Lalu pada periode yang sama, progres pengadaan lahan Jalan Tol Padang Tidji-Seulimum sudah mencapai 76,65%, dengan pengerjaan konstruksi fisik jalan tol ini sudah mencapai 88,55%.

Jalan Tol Padang-Sicincin akan dilengkapi sejumlah fasilitas struktur seperti 1 simpang susun, 3 gerbang tol, dan jumlah lajur 2x2 pada tahap awal.

Baca Juga: Asyik! Jalan Tol Terbaru Kalimantan Timur Rampung Bulan ini: Jarak 57 Km Sekarang Bisa Dijangkau Cuma dalam 45 Menit

Rencana kecepatan pada ruas ini mencapai 80 km/jam yang dapat mempersingkat waktu perjalanan dari Padang menuju Sicincin dari 1,5 jam menjadi hanya 30 menit dan berpotensi bagi pengembangan daerah sekitar.

Pembangunan Jalan Tol Padang Sicincin yang merupakan bagian dari Jalan tol Padang Pekanbaru ini bertujuan untuk Mengurangi Waktu Tempuh antara dua Kota yang biasanya 1,5 jam akan menjadi kurang lebih 30 menit saja.

Jalan Tol Padang Sicincin ini melewati 5 Kecamatan dan 15 Nagari yang berada di Kabupaten Padang Pariaman.

Proses Pembangunan Tol Padang Sicincin ini tidak mudah karena melewati berbagai kontur tanah yang beragam di mulai dari sungai, hutan, bukit, sawah, rawa, dan tanpa pemukiman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat