bdadinfo.com

Asyik! Jalan Tol Terbaru Kalimantan Timur Rampung Bulan ini: Jarak 57 Km Sekarang Bisa Dijangkau Cuma dalam 45 Menit - News

Pembangunan Jalan Tol IKN yang juga merupakan jalan tol terbaru Kalimantan timur disebutkan akan rampung pada bulan Juli tahun 2024 ini. (Instagram: Kemenpupr)

- Provinsi Kalimantan Timur dikabarkan bersiap untuk menyambut jalan tol terbarunya di bulan Juli tahun 2024 ini.

Ketua Satgas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga menyebut Jalan Tol IKN sudah dapat dimanfaatkan untuk perayaan kemerdekaan RI di kalimantan Timur. 

Jalan Tol IKN tersebut disebutkan sudah bisa beroperasi secara fungsional untuk upacara hari ulang tahun kemerdekaan RI 17 Agustus.

Baca Juga: Jalan Lembah Anai Rusak Berat di 16 Titik, Paling Parah Putus Sepanjang 6 Km: Gubernur Sumatera Barat Sediakan Alat Berat Bantu HKI Bangun Ulang

Danis menambahkan, bahwa progres pembangunan proyek Jalan Tol IKN tersebut telah mencapai sekitar 90 persen dan telah dilakukan pengaspalan. 

Sebagai informasi, Jalan Tol IKN dapat mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (KIPPIKN).

Semula apabila melewati Jalan Tol Balikpapan Samarinda dan lintas Sepaku membutuhkan waktu sekitar 2 jam 15 menit dengan jarak 95 km. 

Baca Juga: Sudah Siap? Perjalanan Berjam-jam Bakal Jadi 30 Menit Lewat Jalan Tol Pertama Sumatera Barat: Segera Rampung di Kuartal 4 Tahun 2024 ini

Namun, dengan hadirnya Jalan Tol IKN ini lama perjalanan menjadi hanya sekitar 45 menit dengan jarak yang semakin singkat menjadi 57 km.

Jaringan Jalan Tol IKN ini menghubungkan kota Balikpapan dengan kawasan di pusat pemerintahan IKN di Penajam Paser Utara.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) menargetkan jalan tol menuju IKN di Kalimantan Timur tahap 1 (satu) ini selesai pada Juli tahun 2024 ini.

Baca Juga: Lembah Anai Putus Total, Pengembang Tol Padang-Sicincin Turun Langsung Bangun Ulang Jalan Nasional Sumatera Barat: Kerja 24 Jam Sehari Tanpa Libur!

Tahap 1 pembangunan Jalan Tol IKN saat ini sudah berjalan pada tiga seksi yakni seksi 3(tiga) Karang Joang KKT Kariangau sepanjang 13,4 km dengan progres 48 persen.

Seksi 3 (tiga) KKT Kariangau Simpang tempadung sepanjang 7,3 km dengan progres 57 persen dan seksi 5A Simpang Tempadung Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km dengan progres 67 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat