bdadinfo.com

Bupati Pesisir Selatan Hadiri Musrembang RKPD di Lengayang dan Linggo Sari Baganti - News

Bupati Pesisir Selatan Hadiri Musrembang RKPD di Lengayang dan Linggo Sari Baganti (Kominfo Pesisir Selatan)





- Bupati Kabupaten Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024 di Kecamatan Lengayang dan Kecamatan Linggo Sari Baganti

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan salah satu isu strategis yang kita rasakan saat ini adalah rendahnya kemampuan fiskal daerah dalam membiayai kebutuhan pembangunan. Pada umumnya seluruh kabupaten dan kota di sumbar merasakan pengaruh yang signifikan akibat keterbatasan ini.

Kondisi ini makin dipersulit ketika terjadi perubahan pola peruntukan dan transfer pusat dalam bentuk DAU ditentukan dan DAU tidak ditentukan penggunaanya.

Baca Juga: Kasus Mario hingga Hugo! Akun Centang Biru: Ada Apa dengan Generasi Tahun 2000an? Berikut Respon Netizen

"Kondisi ini memaksa kita harus melakukan penyesuaian, mesti kita pahami bahwa kondisi ini bukanlah kehendak sepihak pemda. Namun regulasi pusat dan keterbatasan fiskal yang membuat langkah tidak populis ini harus ditempuh," ungkapnya.

Diantara dampak yang dirasakan langsung adalah berkurangnya belanja operasional rutin kantor, tunjangan perbaikan penghasilan ASN, Tunjangan Aparatur Pemerintah Nagari dan berbagai program prioritas daerah terpaksa harus ditunda.

Lanjutnya, disamping keterbatasan fiskal tadi, isu strategis lainnya yang juga dirasakan adalah rendahnya daya saing SDM, nilai tambah dan produktivitas sektor unggulan relatif menurun serta belum merata layanan infrastruktur pelayanan dasar.

Selanjutnya, sesuai amanat Presiden Jokowi tahun 2023 dan 2024 adalah target penghapusan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Pesisir Selatan. Penghapusan tersebut dilaksanakan melalui aksi Konvergensi yang diintegrasikan dengan upaya penurunan Prevalenai Stunting di Pesisir Selatan.

Baca Juga: Perbandingan Kamera dan Desain Samsung S23 Ultra vs S22 Ultra, Apa Bedanya?

Berdasarkan itu, maka tema yang diangkat pada Musrembang RKPD tahun 2024 ini adalah Peningkatan Daya Saing Daerah dan Produktivitas Sektor Unggulan.

"Perlu disampaikan bahwa memang belum seluruh usulan dapat terakomodir karena selain diakibatkan oleh perubahan regulasi dan Dana Transfer Pusat, juga dikarenakan pertimbangan teknis OPD terkait yang belum memungkinkan," lanjutnya.

Ia juga mengatakan, kita telah menempatkan pembangunan untuk prioritas lainnya di wilayah kecamatan terutama di bidang pendidikan, kesehatan, PUPR dan sektor unggulan lainnya.

"Marilah kita selalu saling bersinergi dan fokus untuk bergerak ditengah keterbatasan anggaran," tutupnya. ****

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat