bdadinfo.com

Jelang Mudik Lebaran 2023, Jasa Marga Tingkatkan Pelayanan Mulai Tambahan Bilik Toilet Hingga Mobil Derek - News

Jasa Marga tingkatkan pelayanan jelang mudik Lebaran 2023. (Foto: MPI/Aldhi Chandra via eksbis.sindonews.com)

– Jelang arus mudik Lebaran 2023, PT Jasa Marga (Persero) Tbk sudah mempersiapkan berbagai strategi dan kesiapan layanan operasi agar kualitas pelayanan optimal kepada masyarakat.

Untuk mewujudkan mudik yang aman, nyaman dan berkesan melalui jalan tol, Jasa Marga meningkatkan sejumlah pelayanan operasional serta penerapan teknologi untuk memudahkan perjalanan pengguna jalan.

Jasa Marga menyiapkan beberapa upaya untuk meningkatkan layanan baik di sepanjang jalur maupun di gerbang tol, seperti penambahan sarana seperti bilik toilet, peralatan seperti mobil derek, maupun petugas di lapangan.

Baca Juga: Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Mudik dan Arus Balik Mudik Lebaran 2023, Ini Tanggalnya

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, menjelaskan, untuk peningkatan pelayanan lalu lintas di jalur, Jasa Marga menambah 31 unit kendaraan derek menjadi total 167 unit.

Ada juga penambahan perlengkapan untuk percepatan penanganan gangguan kendaraan, hingga menambah sarana prasarana lalu lintas seperti penambahan 4.123 unit rubbercone menjadi total 11.384 unit.

Lalu penambahan rambu rekayasa lalu lintas. Tidak hanya itu, Jasa Marga juga menyediakan sepeda motor khusus untuk distribusi BBM darurat di Jalan Layang MBZ.

Juga telah berkoordinasi dengan PT Pertamina (Persero) untuk memastikan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan menempatkan SPBU modular di 18 rest area di ruas Jasa Marga Group.

Baca Juga: Berikut Deretan Artis yang Diringkus Kapolres Perempuan Pertama NTT dan Mantan Artis Vivick Tjangkung

Sedangkan untuk layanan transaksi di gerbang tol, Jasa Marga menambah 651 petugas on call termasuk di dalamnya personil pengarah lalu lintas serta penambahan 42 unit Mobile Reader menjadi 488 unit.

Jasa Marga juga memastikan kesiapan layanan preservasi dengan menyiagakan petugas untuk memastikan Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol tetap terjaga.

Juga melakukan langkah preventif untuk mengantisipasi kondisi khusus akibat cuaca ekstrem serta menghentikan pekerjaan konstruksi yang berpotensi mengganggu lalu lintas pada H-10 s.d H+10 Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Baca Juga: Mau Tukar Uang Baru ke BI untuk Lebaran 2023? Begini Syarat dan Caranya

“Tidak hanya di lajur, kepadatan yang juga berpotensi terjadi di rest area, juga diantisipasi oleh Jasa Marga melalui anak usahanya PT Jasamarga Related Business. Di antaranya dengan menambah bilik toilet sebanyak 588 bilik sehingga total menjadi 1.772 bilik, mengoperasikan indikator pengukuran kepadatan di rest area dengan Rest Area Management System (RAMS) hingga berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk pengamanan dan pengaturan kendaraan di dalam rest area,” ujar Lisye, Selasa, 4 April 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat