bdadinfo.com

Ini Tugas dan Syarat Jadi Komcad Seperti Deddy Corbuzier Sebelum Terima Gelar Tituler, Kamu Juga Bisa Daftar! - News

Soal pangkat Letkol Tituler, analis militer Connie Bakrie: Kasihan Deddy Corbuzier mau jadi apa dia (Instagram @yasonna.laoly)

- Deddy Corbuzier, publik figur dan youtuber terkenal di Indonesia resmi mendapat gelar tituler.

Gelar tituler tersebut disematkan kepada Deddy Corbuzier secara langsung oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto pada tanggal 9 Desember 2022.

Deddy Corbuzier memperoleh gelar tituler tersebut setelah sebelumnya pada tanggal 7 Oktober 2022 dilantik sebagai duta Komponen Cadangan (Komcad) TNI oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Baca Juga: Soal Letkol Tituler, Analis Militer Connie Bakrie: Kasihan Deddy Corbuzier Mau jadi Apa Dia

Dilansir dari Tempo, sebanyak 2.974 orang ditetapkan sebagai Komcad TNI Tahun Anggaran 2022.

Komponen Cadangan (Komcad) tidaklah sama dengan wajib militer karena Komcad itu sendiri merupakan program sukarela (tidak wajib).

Dilansir dari PPID Kementerian Pertahanan, munculnya Komcad di Indonesia sebenarnya sudah ada sejak dulu yang ditandai dengan adanya doktrin ‘Pertahanan Rakyat Semesta’ yang diwarisi oleh para pendiri bangsa.

Baca Juga: Oalah, Ini Toh Sederet Tugas Letkol Tituler Deddy Corbuzier

Namun ketika itu Komcad yang ada belum terorganisir dengan baik, maka lahirlah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara guna mengorganisir dan mengimplementasikan doktrin ‘Pertahanan Rakyat Semesta’ secara konkrit.

Pengertian Komcad menurut UU tersebut adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan utama yakni TNI.

Komcad tersebut dikelompokkan menjadi empat bagian yakni Komcad Sumber Daya Manusia (SDM), Komcad Sumber Daya Alam (SDA), Komcad Sumber Daya Buatan, dan Komcad Sarana dan Prasarana yang kesemuanya disiapkan untuk membantu negara dalam kondisi darurat militer maupun bencana alam, di mana mobilisasi Komcad hanya dapat dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR untuk kepentingan negara.

Baca Juga: Pangkat Tituler Banyak Kritikan, Susi Pudjiastuti Singgung Deddy Gak Perlu Gaji Itu

Untuk menjadi Komcad, sebenarnya siapa saja bisa memiliki kesempatan dan peluang yang sama karena umumnya tidak ada latar belakang pendidikan maupun keterampilan khusus yang harus dimiliki.

Berikut syarat menjadi Komcad menurut informasi dari website resmi PPID Kementerian Pertahanan:

1. Warga negara berusia 18-35 tahun
2. Lulus seluruh rangkaian proses seleksi
3. Mengikuti pelatihan militer dasar selama 3 bulan di pusat-pusat pelatihan militer milik TNI (AD, AU maupun AL)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat