bdadinfo.com

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 235 Kegiatan 9.1 Kutipan Teks Fiksi dan Nonfiksi Kurikulum 2013 - News

Soal Kegiatan 9.1 Bahasa Indonesia kelas 8 halaman 235

- Kunci jawaban berikut dikutip dari Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VIII edisi revisi 2017 karya E. Kosasih Kurikulum 2013.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 Bab 9 halaman 235 ini memuat materi tentang kutipan teks fiksi dan nonfiksi.

Kunci jawaban Bahasa Inggris kelas 11 Kurikulum 2013 ini pun menjadi bahan evaluasi untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban Halaman 95 96 Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah

Kegiatan 9.1

A. Termasuk bagian dari jenis teks apakah cuplikan di bawah ini: fiksi atau nonfiksi? Kemukakanlah alasan-alasannya! Diskusikan masalah-masalah itu secara berkelompok!

1. Orang-orang yang kebetulan melewati jalan itu sepertinya selalu ingin berhenti. Mereka ingin mengetahui sesuatu yang telah terjadi di sana. Orang yang lalu lalang ingin langsung melihat keadaan ibu itu. Dia terlihat lemah. Badannya yang hanya rangka dan kulit ditutupi kaus berwarna hitam dan celana cokelat yang lusuh. Bibirnya kering, pecah-pecah hampir terkelupas. Napasnya terengah-engah dan tampak payah. Lalu, seorang ibu datang memecahkan keriuhan suasana, membawa segelas air. Ibu itu membangunkan badannya sampai dia terduduk. Kemudian, air itu diberikan kepadanya. Sesudah itu dia mengangguk dan mengucapkan terima kasih.

2. Begitulah Anya setiap harinya. Ia gemar belanja. Hal itu bermula ketika ia sering diejek temannya karena dibilang anak pingit. Setiap pulang sekolah, ia langsung pulang dan tak pernah kumpul-kumpul di warung bakso apalagi jalan-jalan ke pertokoan. Baru setelah Irene mentraktir Anya makan di sebuah pusat perbelanjaan, ia mulai tertarik. Seterusnya ia kecanduan. Akan tetapi, akhir-akhir ini, kegemarannya tersebut telah membuatnya begitu boros. Pernak-pernik maupun aksesoris-aksesoris yang sebenarnya tidak ia butuhkan, tetap diborong dengan alasan gengsi.

Kutipan Jenis Buku Alasan
1 Nonfiksi Penggambaran dalam cerita sangat lengkap, seperti kondisi badan tokoh, warna pakaian, dan alur ceritanya.
2 Fiksi Penggambaran dalam cerita dibuat untuk membebaskan imajinasi pembaca, seperti warung bakso dan aksesoris yang tidak disebutkan lebih detail.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bupena 5D Tema 8 Subtema 1 Ayo Berlatih PPKn, IPS, Bahasa Indonesia Halaman 13 15 16 18 22

B. Tulislah dua buah kutipan yang masing-masing bersumber dari buku fiksi dan nonfiksi. Jelaskan pula alasan kefiksian atapun kenonfiksian dari kutipan-kutipan tersebut!

Kutipan Sumber Buku Alasan Kefiksian/Kenonfiksian
Ketika Mary Lennox dikirim ke Misselthwaite Manor untuk tinggal bersama pamannya, semua orang mengatakan dia anak berwajah paling tidak menyenangkan yang pernah mereka lihat. Dan itu benar. The Secret Garden oleh Frances Hodgson Burnett, halaman 5 Kefiksian ditunjukkan dengan karakter dan tempat yang terkesan imajinatif.
Memilih bahasa yang dipelajari itu ibarat memilih es krim di supermarket. Setiap es krim memiliki merek dan rasa yang berbeda. Perlu diketahui kalau tidak ada bahasa yang tidak berguna. Kuasai 20 Bahasa populer Dunia oleh Erlangga Greschinov, halaman 13 Kenonfiksian ditunjukkan dengan adanya fakta atau pernyataan penulis untuk menyakinkan pembaca tentang bahasa.

Baca Juga: Kunci Jawaban SKM Bahasa Indonesia Kelas 11 Grasindo Makna Kalimat, Intisari, Puisi dan Pantun

Itulah kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 Bab 9 halaman 235 Kurikulum 2013 tentang kutipan teks fiksi dan nonfiksi. Semoga bermanfaat.

*) Kunci jawaban hanyalah sebagai referensi belajar, siswa dan orang tua dapat mengeksplorasi jawaban yang lebih baik dari sumber yang tepercaya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat