bdadinfo.com

7 Perbedaan Kampus Negeri dan Swasta, Nomor 3 Paling Sering Jadi Pertimbangan Calon Mahasiswa  - News

7 Perbedaan Kampus Negeri dan Swasta, Nomor 3 Paling Sering Jadi Pertimbangan Calon Mahasiswa  (Pixabay )

- Memilih tempat kuliah sangat menentukan aspek-aspek penting yang berdampak pada kehidupan perkuliahan biasanya kampus negeri dianggap lebih bergengsi oleh para siswa atau orang tua.

Namun disatu sisi kredibilitas dari kampus swasta juga tidak kalah bersaing jika kamu memang sedang bingung dalam memilih kampus negeri atau swasta.

Berikut beberapa perbedaan kampus negeri dan kampus swasta:

Baca Juga: 8 Universitas Terbaik di Padang Masuk Jajaran UniRank 2023, Ternyata Unand ada Peringkat Sekian

1.  Seleksi masuk PTN dan PTS

Seleksi masuknya pendaftaran untuk masuk kampus negeri atau PTN diselenggarakan oleh pemerintah nantinya akan bersaing bersama ribuan siswa dari seluruh Indonesia untuk mendapatkan kampus dan jurusan melalui seleksi nasional.

Ada tiga jalur untuk masuk kampus Negeri yaitu jalur undangan atau SNMPTN yang diukur berdasarkan prestasi kamu selama di sekolah,  

Lalu ada SBMPTN yaitu berupa ujian tulis yang diselenggarakan secara nasional dan yang terakhir ada Ujian Mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi negeri atau kampus negeri itu sendiri.

Sedangkan untuk perguruan tinggi swasta memiliki beberapa penilaian tersendiri untuk menyaring calon mahasiswa barunya seperti wawancara psikotes, TOEFL dan kemampuan dasar lainnya.

Baca Juga: Rekomendasi Jurusan Perguruan Tinggi Apabila Nilai Rapor Mata Pelajaran Ekonomi Paling Bagus

2.  Diselenggarakannya perguruan tinggi

Jika kampus negeri diselenggarakan oleh pemerintah sehingga pembiayaannya ditanggung oleh pemerintah walaupun tidak semuanya tapi sebagian akan subsidi yang dimana kampus negeri juga tetap membutuhkan SPP/UKT (uang kuliah tunggal) yang diambil dari mahasiswa-mahasiswanya. 

Sedangkan kampus swasta diselenggarakan oleh pihak swasta atau non pemerintahan sehingga segala pembiayaan untuk operasionalnya ditanggung oleh mereka sendiri.

3.  Biaya kuliah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat