bdadinfo.com

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 157 Kegiatan 3 Menyusun Cerita Inspiratif Kurikulum 2013 - News

Soal Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 157

- Kunci jawaban berikut dikutip dari Bahasa Indonesia Kelas IX untuk SMP/MTs edisi revisi 2018 Kurikulum 2013 karya Agus Trianto, dkk.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 Kegiatan 3 halaman 157 ini memuat materi tentang menyusun cerita inspiratif dari fakta yang diberikan dalam buku.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 Kurikulum 2013 ini pun menjadi bahan evaluasi untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban Halaman 95 96 Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah

Kegiatan 3 Menyusun Cerita Inspiratif

Alternatif kunci jawaban menyusun cerita inspiratif:

Dalam suatu desa, warganya memiliki beragam karakter dari mulai yang baik-baik hingga yang kurang baik. Pasti ada saja masalah yang ditimbulkan oleh warga yang kurang baik ini, dan solusinya datang dari warga yang baik-baik.

Suatu hari, N si warga kurang baik ini berulah dengan mengencangkan klakson motornya dan ngebut sepanjang jalan desa hingga membuat bising sekitar. Bahkan, R si nenek tua yang sedang tidur siang terlompat dari kasur. Untunglah, kasurnya berada di lantai sehingga ia tidak terpelanting keras.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 232 Kurikulum 2013 Teks Biografi George Saa dan Ardian Syaf

R pun keluar rumah sambil ngedumel tak keruan, mengumpat ke arah motor yang mengepulkan asap keabuan. Suara motor N dan omelan R menjadi-jadi hingga membuyarkan konsentrasi para santri yang sedang kajian Al-Qur'an.

B si kepala pesantren turut melongok ke arah kedua suara tersebut. Dilihat, diamati, lalu kepalanya menggeleng-geleng. B pun mendekati nenek R, dan mengucap salam.

"Assalamu'alaikum, Nek," ucap B sambil sedikit membungkuk.

"Wa'alaikum salam, eh, Pak Kiyai, ada apa?" sahut R, menghentikan umpatannya kepada N dan motornya.

Baca Juga: Kunci Jawaban Cerdas Cergas Bahasa Indonesia Kelas 10 Kegiatan 2 Halaman 147 148 Teks Biografi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat