bdadinfo.com

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 152 153 Struktur Cerita Kegiatan 2 Kurikulum 2013 - News

Soal Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 152 Kurikulum 2013

- Kunci jawaban berikut dikutip dari Bahasa Indonesia Kelas IX untuk SMP/MTs edisi revisi 2018 Kurikulum 2013 karya Agus Trianto, dkk.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 Kegiatan 2 halaman 152 153 ini memuat materi tentang menyimpulkan struktur cerita inspiratif 'sedekah uang sepuluh ribu rupiah', orientasi, perumitan peristiwa, komplikasi, resolusi, koda.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 Kurikulum 2013 ini pun dapat menjadi bahan evaluasi bagi guru dalam menelaah sampai mana pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban Halaman 95 96 Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah

Isi struktur berikut (dalam kotak sebelah kanan) sesuai cerita inspiratif tentang sedekah uang sepuluh ribu rupiah.

Orientasi

Ada seorang sahabat menuturkan kisahnya. Dia bernama Budiman. Sore itu ia menemani istri dan seorang putrinya berbelanja kebutuhan rumah tangga bulanan di sebuah toko swalayan. Usai membayar, tangan-tangan mereka sarat dengan tas plastik belanjaan.

Perumitan Peristiwa

Mendapati isyarat pengemis wanita itu, istri Budiman pun membalas isyarat dengan gerak tangannya seolah berkata, ”Tidak... tidak, aku tidak akan menambahkan sedekah untukmu!” Ironisnya meski tidak menambahkan sedekahnya, istri dan putrinya Budiman malah menuju ke sebuah gerobak gorengan untuk membeli camilan. Pada kesempatan yang sama, Budiman berjalan ke arah ATM center guna mengecek saldo rekeningnya. Saat itu memang tanggal gajian, Budiman ingin mengecek saldo rekening dia.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/SMK Semester 2 Halaman 224 225: Analisis Kebahasaan Teks Resensi

Komplikasi

Deggg...!!! Hati Budiman tergedor dengan begitu kencang. Rupanya wanita tadi sungguh berharap tambahan sedekah agar ia dan putrinya bisa makan. Sejurus kemudian mata Budiman membuntuti kepergian mereka berdua yang berlari menyeberang jalan, lalu masuk ke sebuah warung tegal untuk makan di sana.

Resolusi

Bu..., aku malu kepada Allah! Dia terima hanya 10 ribu begitu bersyukurnya dia kepada Allah dan berterima kasih kepadaku. Kalau memang demikian, siapakah yang pantas masuk ke dalam surga Allah, apakah dia yang menerima 10 ribu dengan syukur yang luar biasa, ataukah aku yang menerima jumlah lebih banyak dari itu, tetapi sedikitpun aku tak berucap hamdalah.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat