bdadinfo.com

Kunci Jawaban Halaman 205 206 207 Bahasa Indonesia Kelas 7 Menentukan Watak Tokoh Dalam Teks Fabel - News

Soal Bahasa Indonesia kelas 7 halaman 205 206 207 Kurikulum 2013

- Kunci jawaban kelas 7 berikut dikutip dari Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs karya Titik Harsiati, dkk. edisi revisi 2017 Kurikulum 2013.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 Bab 6 halaman 205 206 207 ini memuat materi tentang menentukan watak tokoh, nama tokoh, buktinya dalam teks fabel berjudul "Semua Istimewa".

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 Kurikulum 2013 ini pun menjadi bahan evaluasi untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 213 Kurikulum 2013 Tugas Tokoh dalam Teks Biografi

1. Menentukan Tokoh dan Watak Tokoh

Bagaimana watak tokoh dalam fabel di atas?

Nama Tokoh Watak Tokoh Bukti pada Teks
Ulu sombong, tidak peka terhadap perasaan teman-temannya 

"Makanya Semut, kau harus berlatih berenang! Aku sejak berupa berudu sudah bisa berenang, masa kau tidak bisa? Berenang itu sangat mudah, julurkan saja kakimu," Ulu menjulurkan kakinya, "dan tendang ke belakang seperti ini! Ups, maaf, kakimu kan pendek." Sambil tertawa, Ulu melompat meninggalkan semut

"Hah! Sedih sekali hidupmu Ikan! Seandainya kamu seperti aku, dapat hidup di dalam dua dunia, darat dan air, mungkin kamu akan dapat merasakan kebahagiaan ini. Nikmati saja air kolammu sebab kamu tidak akan dapat pernah merasakan rintikan hujan di badanmu!"

Ikan rendah diri, mudah tersinggung "Aku tidak dapat merasakan hujan Ulu. Lihatlah, aku tinggal bersama air. Bagaimana caranya aku dapat menikmati hujan seperti kamu Ulu?"
Semut rendah diri, mudah tersinggung "Ulu, aku tidak suka dengan hujan. Kamu lihat betapa mungilnya tubuhku? Air hujan akan menyeret dan menenggelamkanku ke kolam! Aku tidak bisa berenang sepertimu, makanya aku berteduh," sahut Semut.
Burung bijaksana, cerdas Burung kembali berkata dengan bijak, "Itulah yang kumaksud Ulu, kita masing-masing memiliki kelebihan sendiri. Semut tidak bisa berenang sepertimu, tetapi ia bisa menyusup ke tempat-tempat kecil yang tidak dapat kau lewati. Ikan tidak dapat melompat-lompat sepertimu, tetapi ia bernapas di bawah air. Kamu tidak seharusnya menghina mereka!"

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 182 Kalimat Persuasif dan Ungkapan Rasa Peduli pada Teks Pidato

a) Apa latar teks fabel di atas? Apakah mungkin latar fabel di atas diubah menjadi rumah atau sekolah?

Kunci jawaban: pada saat hujan turun dan langit gelap, di sekitar kolam dan pepohonan.

b) Pesan apa yang ingin disampaikan oleh pengarang melalui teks fabel di atas?

Kunci jawaban: Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakan makhluk-makhluk-Nya dengan keunikannya sendiri dan fungsinya yang berbeda-beda sehingga sebagai makhluk ciptaan-Nya kita tidak boleh sombong dan mengatai hal buruk kepada makhluk hidup lainnya.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 157 Kegiatan 3 Menyusun Cerita Inspiratif Kurikulum 2013

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat