bdadinfo.com

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 182 Kalimat Persuasif dan Ungkapan Rasa Peduli pada Teks Pidato - News

Kegiatan 5 Kalimat persuasif dan ungkapan rasa peduli pada teks pidato Bahasa Indonesia kelas 8 Kurikulum Merdeka

- Kunci jawaban berikut dikutip dari Bahasa Indonesia SMP kelas VIII edisi 2021 karya Maya Lestasi Gusfitri dan Elly Delfia Kurikulum Merdeka.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 Kegiatan 5 halaman 182 ini memuat materi tentang mengidentifikasi pernyataan yang menggambarkan kalimat persuasif dan ungkapan rasa peduli pada teks pidato 'Masalah Sampah'.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 Kurikulum Merdeka ini pun menjadi bahan evaluasi untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban Halaman 95 96 Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah

Kegiatan 5 Kalimat Persuasif dan Ungkapan Rasa Peduli

Berlatih

Identifikasilah pernyataan yang menggambarkan kalimat persuasif dan ungkapan rasa peduli atau simpati pada teks pidato “Masalah Sampah”. Tuliskan hasil identifikasi kalian dalam tabel berikut.

Kalimat Persuasif Ungkapan Rasa Peduli atau Simpati
Marilah kita melatih diri untuk disiplin dalam membuang sampah. Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai, sampah adalah masalah kita bersama.
Buanglah sampah pada tempatnya. Saya berharap pada masa yang akan datang kita lebih peduli dan perhatian terhadap masalah sampah.
Jika perlu, kita harus mencari cara untuk mengolah sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat, seperti mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos dan mendaur ulang sampah anorganik menjadi barang-barang yang bermanfaat. Jika sampai di laut, sampah akan merusak ekosistem laut.
Untuk itu, marilah kita menjaga lingkungan agar terbebas dari sampah. Akibatnya, kesuburan tanah akan berkurang dan pepohonan sebagai sumber oksigen tidak bisa tumbuh dengan baik.
Perilaku membuang sampah sembarangan di tempat-tempat umum, seperti di jalanan, selokan, sungai, ataupun laut adalah perilaku tidak terpuji. Saat ini sampah sudah menjadi masalah yang memprihatinkan dalam kehidupan.

Dengan mengisi tabel di atas, kalian berlatih mengidentifikasi kalimat persuasif dan ungkapan rasa peduli atau simpati dalam teks pidato.

Baca Juga: Kunci Jawaban SKM Bahasa Indonesia Kelas 11 Grasindo Makna Kalimat, Intisari, Puisi dan Pantun

Itulah kunci jawaban  Bahasa Indonesia kelas 8 Kegiatan 5 halaman 182 tentang mengidentifikasi pernyataan yang menggambarkan kalimat persuasif dan ungkapan rasa peduli pada teks pidato 'Masalah Sampah'. Semoga bermanfaat.

Sebagai informasi, kunci jawaban ini hanyalah referensi belajar, siswa dan orang tua dapat mengeksplorasi jawaban yang lebih baik dari sumber tepercaya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat