bdadinfo.com

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 186 Aktivitas Kelompok Kurikulum 2013 Pengaruh Pusat Keunggulan Ekonomi - News

Aktivitas Kelompok IPS kelas 9 halaman 186 Kurikulum 2013

- Kunci jawaban IPS kelas 9 berikut dikutip dari Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Kelas IX SMP/MTs karya Iwan Setiawan, dkk. edisi revisi 2018 Kurikulum 2013.

Kunci jawaban IPS Kelas 9 Aktivitas Kelompok Bab 3 halaman 186 ini memuat materi tentang pengaruh pusat keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat.

Kunci jawaban IPS kelas 9 Kurikulum 2013 ini pun menjadi bahan evaluasi untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 221 Aktivitas Individu Rangkuman Perlawanan Rakyat Terhadap VOC

Aktivitas Kelompok

1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 3-4 orang!

2. Diskusikan pengaruh pusat keunggulan ekonomi yang kalian temukan dari aktivitas sebelumnya terhadap migrasi penduduk, lembaga sosial ekonomi, transportasi, pekerjaan, dan pendidikan!

3. Tulislah hasil diskusi dan pengamatan kalian!

4. Presentasikan hasilnya di depan kelas!

5. Buatlah laporan dari hasil presentasi yang telah kalian lakukan.

Kunci jawaban:

Pusat keunggulan ekonomi yang ada di Indonesia dapat berpengaruh terhadap perpindahan penduduk atau migrasi. Penduduk akan melakukan perpindahan ke wilayah yang mendekati pusat keunggulan tersebut.

Misalnya, keberadaan PT Freeport memengaruhi kehidupan dan migrasi penduduk di Papua.

Sebelum 1967, wilayah Timika adalah hutan belantara. Pada awal Freeport mulai beroperasi, penduduk yang hidupnya berpencar-pencar mulai masuk ke wilayah sekitar tambang Freeport sehingga pertumbuhan penduduk di Timika meningkat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat