bdadinfo.com

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 185 186 Tugas 1 Kutipan Debat dan Mosi Kurikulum 2013 - News

Tugas 1 Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 185 186 Kurikulum 2013

- Kunci jawaban kelas 10 berikut dikutip dari Bahasa Indonesia Kelas X SMA/MA/SMK/MAK karya Suherli, dkk. edisi revisi 2017 Kurikulum 2013.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 Tugas 1 halaman 185 186 ini memuat materi tentang kutipan debat dan mosi.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 Kurikulum 2013 ini pun menjadi bahan evaluasi untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 198 Kegiatan 2 Tugas Bab 6 Sastra dan Esai Kurikulum 2013

Tugas 1

Bacalah penggalan debat berikut ini kemudian kerjaan soal berikut ini.

1. Tentukan mosi yang didebatkan.

No. Kutipan Debat Mosi
1. Menurut saya, tawuran antarpelajar tidak saja terjadi karena karakter anak-anak yang cenderung brutal. Lebih dari itu, tawuran terjadi karena anak-anak mendapat teladan yang kurang baik dari para pemimpin bangsa yang sibuk saling berebut kekuasaan dan saling menghujat. Televisi dan internet pun dengan bebas menyajikan berbagai aksi brutal yang membuat anak-anak tergoda untuk meniru. Tawuran sebagai akibat banyak hal buruk yang secara tak langsung menjadi contoh bagi anak-anak untuk mengikutinya.
2. Memang benar pendapat yang menyatakan bahwa bencana alam terjadi karena ulah manusia. Namun, perlu diingat bahwa umur bumi yang makin tua juga menyebabkan terjadinya bencana alam bertubi-tubi. Perubahan iklim global ditambah ulah manusia yang merusak alam semakin memperparah bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini. Bencana alam dipengaruhi banyak faktor baik dari manusia itu sendiri maupun alam yang sudah tua.
3. Aksi brutal para suporter sepak bola yang sering terjadi akhir-akhir ini merupakan bukti bahwa masyarakat kita sedang ‘sakit.’ Masyarakat lelah dengan tuntutan kehidupan yang keras. Sepak bola yang seharusnya menjadi ajang untuk menumbuhkan sportivitas dan menjalin persatuan, justru menjadi pelampiasan rasa ‘tidak puas’ rakyat terhadap kehidupan. Imbauan pemimpin dan tindakan tegas dari kepolisian terbukti tidak sanggup menghentikan aksi brutal para suporter sepak bola di tanah air. Tewasnya dua suporter bola di tanah air dalam bentrok antar suporter bola dalam laga Piala TNI baru-baru ini makin menguatkan dugaaan bahwa masyarakat kita sedang ‘sakit.’ 'Sakitnya' masyarakat bermula dari kurangnya kemampuan dalam menghadapi hidupnya sendiri yang keras.
4. Banyak masyarakat beranggapan bahwa perubahan cuaca menjadi penyebab seseorang gampang sakit. Padahal yang terjadi tidak seperti itu. Ketika fisik seseorang kehujanan, kelelahan, kemudian terkena kuman ia akan lebih mudah sakit. Artinya, sakit itu disebabkan oleh kuman, bukan perubahan cuaca. Sudah jelas, sakit itu disebabkan oleh kuman dan bukan perubahan cuaca.
5. Penolakan terhadap pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tidak seharusnya terjadi. Sebaliknya, malah UNBK patut didukung. Selain dapat menekan penggunaan kertas dalam mempercepat penilaian hasil ujian secara akurat, juga dapat menekan angka kebocoran soal. UNBK berperan secara tak langsung dalam pelestarian lingkungan, seperti menekan penggunaan kertas.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 135 Kurikulum 2013 Menyunting Teks Cerita Pendek

2. Sebuah mosi harus merupakan pernyataan yang dapat ditolak atau diterima, bersifat kontroversial. Setujukah kamu dengan pernyataan tersebut? Jelaskan pendapatmu.

Kunci jawaban:

Setuju dengan mosi sebagai pernyataan yang dapat ditolak atau diterima sebab pada dasarnya mosi adalah keputusan rapat atau usulan yang dipertanggungjawabkan dan disampaikan secara jelas dan lugas tanpa kontroversial.

Baca Juga: Kunci Jawaban SKM Bahasa Indonesia Kelas 11 Grasindo Makna Kalimat, Intisari, Puisi dan Pantun

Itulah kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 Tugas 1 halaman 185 186 Kurikulum 2013 tentang kutipan debat dan mosi. Semoga bermanfaat.

Sebagai informasi, kunci jawaban ini hanyalah referensi belajar, siswa dan orang tua dapat mengeksplorasi jawaban lebih baik dari sumber tepercaya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat