bdadinfo.com

Bagaimana Konsep Integrasi Antara Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni? Tidak Bisa Dipisahkan dengan Islam - News

Islam lewat Al Quran menjelaskan bagaimana konsep ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dapat berkaitan dengan fenomena yang ada di dunia saat ini. (myislam.org)

- Dewasa ini, kita perlu mengetahui bagaimana konsep integrasi antara ilmu pengetahuan, teknologi dan seni? Ternyata punya keterkaitan dengan agama Islam lho, bahkan Allah SWT sudah memberitahukan lewat Al Quran.

Karena ternyata fenomena yang kita alami saat ini seperti, teknologi AI atau kecerdasan buatan, masa paska pandemi Covid19, cuaca ekstrim dan lainya merupakan fenomena yang bisa dikulik dari hampir setiap sisi, dengan mengaitkan pertanyaan bagaimana konsep integrasi antara ilmu pengetahuan, teknologi dan seni terhadap segala fenomena yang kita alami.

Dengan pertanyaan bagaimana konsep integrasi antara ilmu pengetahuan, teknologi dan seni? Yang mana saling berkaitan dan bahkan tak bisa dipisahkan dari agama Islam, bahkan sudah ada bahasanya di dalam Al Quran.

Baca Juga: Serangan Cyber? Transaksi Mobile dan ATM Terganggu! Nasabah BSI Komplain

Kenapa Islam tidak bisa dipidahkan dari konsep integrasi antara ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni?

Berdasarkan buku dengan judul 'Pendidikan Agama Islam dengan Interdisipliner Untuk Perguruan Tinggi' yang ditulis Nino Indrianto keluaran tahun 2020, karena ayat Al Quran tidak hanya persoalan ibadah, akidah dan tauhid saja.

Tetapi hubungan manysia dengan bagaimana konsep ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni pun turut dibahas dalam Al Quran.

Baca Juga: Diguyur Hujan Sebentar Depok Langsung Dikepung Banjir, Warganet: Berkuasa 20 Tahun Ini Hasilnya

"Islam tidak memisahkan antara ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan masalah peribadatan lainnya," seperti yang tertulis dalam sebuah buku

Artinya dalam Islam kehidupan manusia itu tidak hanya mengenai soal hubungannya dengan Allah SWT semata.

Tapi juga martabat manusia dalam mempelajari bagaimana konsep ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam kejadian maupun fenomena yang dialaminya di dunia.

Baca Juga: Kejar Target TKDN, Pemerintah Lakukan Sejumlah Terobosan

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَسَخَّرَ لَـكُمْ مَّا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَ رْضِ جَمِيْعًا مِّنْهُ ۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰ يٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat